Setiap komputer Windows mempunyai nama. Ketika Anda membeli PC atau laptop yang sudah terinstal Windows, PC atau laptop yang Anda beli juga sudah mempunyai nama. Ketika Windows diinstal, Windows akan memberi nama default. Sebagian pengguna Windows mengabaikan nama komputer. Namun ketika komputer Windows Anda menjadi bagian dari jaringan komputer, nama komputer menjadi begitu penting.

Nama komputer di dalam jaringan harus unik. Bila ada dua atu lebih nama komputer yang sama, akan terjadi masalah komunikasi atau konflik lainnya. Nama komputer bisa dirubah. Anda perlu memeriksa apa nama komputer Anda. Apakah nama komputer tersebut telah sesuai keinginan atau Anda ingin merubahnya dengan nama yang lebih deskriptif atau lebih memiliki arti? Merubah nama komputer di Microsoft Windows tidak sulit.

Anda dapat merubah nama komputer melalui antar muka grafis (GUI) atau melalui command line (baris perintah). Merubah nama komputer melalui antar muka grafis lebih cocok untuk pengguna Windows biasa, sedangkan pengguna Windows tingkat lanjut mungkin lebih memilih command line. Dua tautan artikel di bawah ini menunjukan kepada Anda bagaimana melihat atau menemukan nama komputer dan cara merubah nama komputer melalui antar muka grafis.

Artikel kali ini adalah tentang cara merubah nama komputer di Windows menggunakan command line Windows PowerShell. Command line Windows PowerShell dipilih oleh sebagian pengguna Windows karena dapat mengeksekusi perintah lebih cepat dibandingkan menggunakan antar muka grafis (GUI) Windows. Untuk merubah nama komputer di Windows melalui command line Windows PowerShell, Anda menggunakan perintah di bawah ini:

RENAME-COMPUTER –computername NAMA-SAAT-INI –newname NAMA-BARU

Jalankan atau buka Windows PowerShell terlebih dahulu. Di jendela Windows PowerShell yang muncul, ketikkan perintah di bawah ini (1) dan kemudian tekan tombol Enter. "DESKTOP-MEKV7V0" adalah nama komputer saat ini dan "Hindro-Desktop" adalah nama komputer baru. Saat eksekusi perintah berhasil, Anda akan diminta untuk melakukan restart (2).

Artikel terkait Windows PowerShell:

RENAME-COMPUTER –computername DESKTOP-MEKV7V0 –newname Hindro-Desktop

Merubah nama komputer di Windows menggunakan command line PowerShell

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It