Microsoft Windows memiliki fitur bawaan untuk menghapus (uninstall) program dari komputer. Demikian juga hampir semua program yang diinstal ke komputer juga memiliki fitur uninstall-nya sendiri. Dengan demikian, tidak ada kesulitan untuk menghapus program yang tidak inginkan dari komputer. Anda dapat menggunakan salah satu, fitur Uninstal a program bawaan Windows atau fitur uninstall bawaan program sendiri untuk menghapus program dari komputer.

Namun, apakah Anda tahu bahwa fitur Uninstal a program bawaan Windows atau fitur uninstall bawaan program sendiri tidak mampu menghapus (uninstall) program secara menyeluruh. Umumnya, penghapusan program menggunakan salah satu fitur uninstall tersebut akan menyisakan file, folder dan registri sampah yang tetap berada atau tertinggal di dalam komputer.

File, folder dan registri sampah ini tidak berguna lagi, hanyak akan menyita ruang penyimpanan disk drive dan membuat performa komputer menurun. Anda bisa banyangkan bagaimana seandainya Anda cukup sering install dan uninstall program berukuran besar. Akan ada banyak file, folder dan registri sampah yang semakin menyita ruang penyimpanan dan semakin membuat performa komputer menurun.

Baca artikel Program Antivirus Gratis Terbaik Untuk Windows

Terkadang didapati bahwa komputer juga memiliki program yang tidak terdeteksi. Ketika menginstal sebuah program, program tersebut akan meminta untuk mematikan telebih dahulu program lain yang saat ini sedang berjalan. Namun, Anda tidak menemukan program dimaksud di daftar program atau ketika akan menghapus, Anda juga tidak menemukan di daftar program yang dapat dihapus. Akhirnya, Anda tidak dapat menginstal program yang Anda diinginkan.

Untuk menghapus program secara menyeluruh atau menghapus program yang tidak terdeteksi sistem Windows, Anda tidak bisa mengandalkan fitur uninstall biasa bawaan Windows atau fitur bawaan program itu sendiri. Anda perlu sebuah program uninstaller khusus untuk menanganinya. Berikut ini adalah 7 program uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows yang bisa Anda pilih dan gunakan:

1. Revo Uninstaller.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

Revo Uninstaller adalah program uninstaller yang perlu dicoba. Revo Uninstaller memiliki dua tipe instalasi yaitu instalasi reguler dan portable. Cara kerja Revo Uninstaller adalah menghapus progran menggunakan uninstaller bawaan program itu sendiri dan kemudian melakukan pemindaian (scan) file, folder dan registri program tersebut yang tidak digunakan lagi untuk dihapus kemudian sehingga proses uninstall program menjadi jauh lebih bersih.

Baca artikel Sulit Menghapus Program Membandel? Gunakan Revo Uninstaller!

Revo Uninstaller memiliki banyak fitur unggulan seperti Force Uninstall untuk menghapus program membandel atau yang tidak terdeteksi sistem Windows, Evidence Remover untuk menghapus leftover (file, folder dan registri sampah) sehingga file yang terhapus dengan fitur ini tidak bisa dikembalikan lagi, Junk files Cleaner untuk menghapus file yang tidak diperlukan di Windows dan penghapusan lebih dari satu program atau aplikasi secara bersamaan.

2. IObit Uninstaller.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

IObit Uninstaller adalah salah satu program uninstaller terbaik yang mampu mencari program yang diinstal, menemukan dan menghapus program yang menggunakan ruang penyimpanan paling banyak yang hampir tidak pernah Anda gunakan. Salah satu fitur keren IObit Uninstaller adalah terintegrasinya menu pintas (shortcut menus) klik kanan mouse sehingga Anda cukup dengan klik kanan ikon program di dekstop dan menghapusnya dengan IObit Uninstaller.

Setelah program atau aplikasi dihapus dengan IObit Uninstaller, Anda dapat melakukan pemindaian (scan) file system dan resgristri yang tertinggal untuk dihapus. Meskipun penghapusan program tanpa menggunakan IObit Uninstaller, Anda tetap dianjurkan untuk menghapus file system dan resgristri yang tertinggal dengan IObit Uninstaller. IObit Uninstaller juga mampu menghapus program atau aplikasi yang sedang berjalan.

3. Puran Uninstaller.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

Sebagaimana program uninstaller lain, Puran Uninstaller memiliki banyak fitur unggulan seperti Instant Search untuk pencarian cepat program telah yang diinstal, Batch Uninstall untuk menghapus lebih dari satu program sekaligus, Force Uninstall untu menghapus program yang sulit dihapus atau yang tidak terdeteksi sistem Windows. Puran Uninstaller juga mampu mengidentifikasi program sebagai trusted atau untrusted.

4. Absolute Uninstaller.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

Absolute Uninstaller mampu menghapus program atau aplikasi jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan fitur Uninstall a program bawaan Windows. Absolute Uninstaller dapat menghapus program secara menyeluruh tanpa meninggalkan sisa (remnant) yang tidak valid. Beberapa fitur unggulan Absolute Uninstaller adalah menghapus lebih dari satu program sekaligus, merubah program properties, memperbaiki entri program yang invalid dan sebagainya.

5. Wise Program Uninstaller.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

Anda dapat menggunakan Wise Program Uninstaller untuk menghapus program manapun dengan mudah melalui menu pintas (shortcut menus) klik kanan mouse di File Explorer. Setelah program dihapus, Wise Program Uninstaller akan memindai (scan) file, folder, registri yang tertinggal untuk dihapus. Wise Program Uninstaller memiliki fitur Force Uninstall untuk menghapus program yang tidak bisa dihapus dengan program uninstall biasa.

6. Comodo Program Manager.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

Comodo Program Manager mampu memonitor program baru yang diinstal berikutnya secara real-time untuk melacak perubahan file system dan registri sehingga ketika dihapus, program dapat dihapus secara menyeluruh dan bersih. Anda dapat memulihkan program menggunakan backup ketika terhapus tidak sengaja. Comodo Program Manager juga mampu menghapus Windows Update, driver dan juga fitur-fitur Windows lainnya.

7. Ashampoo Uninstaller.

Program aplikasi uninstaller gratis terbaik untuk Microsoft Windows

Ashampoo Uninstaller memiliki kemampuan memonitor program yang sedang diinstal, membukanya dengan Ashampoo Uninstaller dan mencatat setiap perubahan registri dan penulisan ke disk. Monitoring ini sangat penting sehingga program dapat dihapus menyeluruh. Ashampoo Uninstaller dapat menghapus lebih dari satu program, menghapus program tertentu yang diinstal dalam bundel (paket) dan juga mampu memberi laporan terkait program yang diinstal.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It