Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang ada Microsoft Office yang ditujukan khusus untuk mengelola data. Kekuatan Microsoft Excel sendiri ada pada formula dan fungsi. Anda mengelola data dengan membuat formula sendiri atau dengan menggunakan fungsi bawaan (built-in function) Microsoft Excel. Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi dan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori seperti Trigonometri, Statistik, Tanggal/Waktu, String dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi penting untuk manipulasi string atau teks adalah MID. Fungsi MID masuk ke dalam kategori fungsi-fungsi String. Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan substring dari string atau teks yang disediakan. Fungsi MID akan mengembalikan (return) sejumlah karakter dimulai dari posisi karakter yang ditentukan oleh argumen num_start ke kanan sampai dengan karakter yang ditentukan oleh argumen num_chars. Berikut ini adalah sintaksis penulisan fungsi MID di Microsoft Excel:

   =MID(text, num_start, num_chars)

Untuk menggunakannya, fungsi MID memerlukan tiga buah argumen. text adalah teks atau string yang disediakan (original text), num_start menetapkan posisi awal karakter yang dikembalikan oleh fungsi, dan num_chars menetapkan jumlah karakter yang dikembalikan oleh fungsi dimulai dari num_start. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi MID di Microsoft Office Excel.

1. Penerapan fungsi MID.

Menggunakan fungsi mid() di Excel

2. Hasil fungsi MID.

Menggunakan fungsi mid() di Excel

Fungsi MID berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010 dan Excel 2013.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It