Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang terdapat di application suite Microsoft Office. Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang khusus digunakan untuk mengelola data menggunakan formula atau fungsi. Lembar kerja Excel terdiri atas baris dan kolom. Perpotongan antara baris dan kolom membentuk sel (cell). Di dalam sel inilah data di Excel diletakkan.

Dua jenis data Excel yang paling dominan digunakan selain data waktu, tanggal dan formula adalah data angka dan teks. Di dalam pekerjaan sehari-hari menggunakan Excel, kita tidak terlepas dari dua jenis data ini. Excel mempunyai formula dan fungsi yang sangat lengkap untuk memanipulasi data angka dan teks.

Baca artikel Cara Mengkonversi Tanggal Ke Nama Hari Di Microsoft Excel

Seringkali, ketika menggunakan Excel, Anda perlu mengkonversi atau merubah data yang terdapat di sel Excel dari jenis data saat ini ke jenis data lainnya, misalnya dari angka ke teks atau sebaliknya. Anda perlu melakukan konversi karena untuk proses pengelolaan atau manipulasi data berikutnya. Selalu ada satu atau lebih cara mengkonversi atau merubah dari jenis data satu ke jenis data lainnya.

Artikel menarik lainnya:

Jenis data angka dan teks akan berbeda posisi ketika dimasukkan ke dalam sel Excel. Secara default, data angka rata ke kanan dan data teks rata ke kiri. Ini cara sederhana bagaimana membedakan jenis data angka dan teks. Data angka dapat disertakan dalam operasi aritmatika, sedangkan data teks tidak. Artikel kali ini menunjukkan cara mengkonversi atau merubah data angka menjadi teks:

1. Menggunakan fungsi TEXT(value, format_text).

Salah satu cara mengkonversi atau merubah data angka menjadi teks di Excel adalah menggunakan fungsi TEXT (value, format_text). Parameter value adalah nilai angka yang ingin dikonversi ke teks sedangkan parameter format_text adalah format untuk menampilkan hasil.

Buka lembar kerja Excel yang berisi data angka yang akan dikonversi atau dirubah menjadi teks. Di sel E1, ketikkan fungsi =text(A1, "0") dan kemudian tekan tombol Enter.

Cara mengkonversi merubah data angka menjadi teks di Microsoft Excel

Pilih atau seleksi sel E1, drag (tekan dan seret) fill handle untuk menyalin fungsi dan menampilkan hasil di sel-sel Excel lainnya.

Cara mengkonversi merubah data angka menjadi teks di Microsoft Excel

2. Menggunakan Format Cell.

Cara lain untuk mengkonversi atau merubah data angka menjadi teks di Excel adalah menggunakan kotak dialog Format Cell. Ini adalah cara yang paling mudah.

Sorot atau seleksi semua sel yang berisi data angka. Klik kanan di salah satu sel untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Format Cells...

Cara mengkonversi merubah data angka menjadi teks di Microsoft Excel

Di kotak dialog Format Cells yang muncul, pastikan Anda telah berada di tab Number (1), di bagian Category, pilik Text (2) dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Cara mengkonversi merubah data angka menjadi teks di Microsoft Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner