Kepopuleran PDF terus merangkak naik dan menjadi salah satu format dokumen pilihan saat ini. Sejak dilepas oleh Adobe System menjadi format file standar terbuka (open standart file format) di bawah pengawasan International Organization for Standardization (ISO), kontrol spesifikasi format ini terus mengalami perubahan dibawah Komite ISO.

PDF telah menjadi format pilihan untuk menyimpan dokumen final secara digital. Anda pun dapat menemukan banyak dokumen atau naskah menggunakan format file ini di internet. Format PDF memiliki kelebihan dibandingkan format dokumen lain yaitu tidak tergantung software, hardware dan juga sistem operasi. Tataletak dan konten PDF tidak berubah meskipun dibuka menggunakan software, hardware dan sistem operasi berbeda.

Baca artikel terkait: Menyembunyikan Text Di Dokumen Microsoft Word

Karena keunggulan dan menjadi format pilihan, banyak distribusi dokumen juga menggunakan format PDF ini. Salah satu yang menjadi perhatian dalam distribusi dokumen digital adalah konten atau informasi sensitif yang terdapat di dalamnya. Anda perlu melakukan redaksi dahulu sebelum mendistribusikan dokumen tersebut.

Redaksi (redaction) adalah proses menghilangkan atau menyembunyikan konten atau informasi sensitif yang ada di dokumen. Konten atau informasi sensitif bisa berupa teks dan grafis (graphics). Anda perlu software PDF khusus untuk proses redaksi dokumen PDF dan juga yang mempunyai fitur untuk meredaksi. Salah satu software PDF komersial terbaik adalah Adobe Acrobat.

Artikel menarik lainnya:

Sebagaimana format PDF yang dibuat Adobe System, Adobe Acrobat adalah aplikasi khusus PDF yang juga dibuat oleh Adobe System. Adobe Acrobat adalah aplikasi yang masuk kategori converter, editor, creator dan development library. Anda dapat menggunakan Adobe Acrobat untuk melihat, membuat, mencetak, memanipulasi dan mengelola file PDF.

Adobe Acrobat memiliki fitur Redact dan beberapa opsi untuk meredaksi konten sensitif di PDF. Salah satu opsi yang digunakan di artikel ini adalah menyembunyikan atau menutupi konten atau informasi sensitif dengan kotak warna (colored box). Dengan opsi ini, elemen pemformatan seperti spasi tidak berubah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat dan kemudian buka dokumen PDF yang konten sensitifnya akan dihilangkan atau disembunyikan. Dokumen PDF di contoh ini tidak memiliki konten sensitif namun hanya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana cara meredaksi konten sensitif dengan Adobe Acrobat. Untuk memulai, klik Tools.

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Di daftar tools yang ditampilkan, pastikan Anda berada di kelompok Protect & Standardize (1) dan kemudian klik Redact (2).

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Toolbar Redact akan ditambahkan tepat di atas dokumen PDF yang terbuka (1), klik tombol Mark for Redaction (2) dan kemudian pilih Text & Image (3). Secara standar, warna kotak yang menutupi konten sensitif yang diredaksi adalah hitam dan tampilan tanda redaksi adalah merah. Anda dapat merubah standar ini dengan mengklik Properties (4) yang ada ti toolbar Redact dan melakukan penyesuaian.

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Kotak dialog Using Redaction tools muncul, klik tombol OK untuk melanjutkan.

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Seleksi atau sorot dengan mouse konten (teks) yang dianggap sensitif seperti pada gambar di bawah ini.

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Konten (teks) sensitif yang diredaksi akan diberi garis bentuk merah (1). Arahkan pointer mouse tepat di atas garis bentuk merah untuk melihat pratinjau redaksi. Klik Apply (2) untuk memberlakukan redaksi pada konten (teks) sensitif yang dipilih.

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Tunggu sampai proses pemberlakuan selesai (1) dan kemudian klik tombol Save untuk menyimpan perubahan (2).

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

Ketika dokumen PDF dibuka kembali, maka konten (teks) sensitif yang diredaksi sebelumnya telah tertutupi dengan kotak warna hitam.

Menyembunyikan konten sensitif di PDF dengan Adobe Acrobat

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It