Di dalam membuat presentasi Microsoft PowerPoint, setiap orang memiliki cara dan gaya sendiri. Ada yang menggunakan teks dengan sedikit atau tanpa gambar. Ada yang menggunakan gambar dengan sedikit atau tanpa teks. Ada yang menggunakan teks dan gambar secara berimbang. Materi presentasi adalah media bantu dan yang terpenting adalah apa yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik dan jelas oleh audien.

Presentasi yang lebih banyak menggunakan gambar dengan sedikit teks mengharuskan presenter menguasai apa yang perlu disampaikan. Dari gambar, presenter harus bisa menangkap poin yang akan disampaikan. Pembuatan presentasi dengan lebih menonjolkan gambar kemungkinan bisa memikat dan menarik perhatian audien. Meskipun sedikit teks, adanya gambar yang dikaitkan dengan teks tersebut terkadang lebih mengkuatkan.

Bila Anda lebih menonjolkan gambar untuk membuat presentasi, gunakan gambar berkualitas baik. Di Microsoft PowerPoint, Anda dapat menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer lokal ke slide presentasi. Microsoft PowerPoint juga memberikan kemudahan menyisipkan gambar online langsung ke slide presentasi. Anda dapat mencari gambar online menggunakan Bing Image Search, mengambil dari OneDrive, Facebook atau Flickr.

Bila Anda tidak menemukan gambar online yang dicari, Anda dapat mencarinya di Shutterstock. Shutterstock adalah layanan penyedia gambar berlisensi dengan kualitas tinggi. Shutterstock sendiri juga menyediakan Add-in Shutterstock untuk Microsoft PowerPoint. Dengan Add-in ini, Anda punya akses cepat ke jutaan gambar profesional tanpa harus meninggalkan Microsoft PowerPoint. Add-in ini telah ada di Microsoft Store dan tinggal ditambahkan ke Microsoft PowerPoint.

Untuk menambahkan add-in Shutterstock, pastikan Anda berada di tab Insert (1) dan kemudian klik tombol Store (2).

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

Di jendela Office Add-ins yang muncul, cari add-in Shutterstock Images dan kemudian klik untuk menampilkan informasi terkait add-in ini. Anda juga dapat langsung menambahkan add-in ini ke Microsoft PowerPoint dengan mengklik tombol Add yang ada di sebelah kanan.

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

Masih di jendela Office Add-ins, Anda dapat membaca terlebih dahulu informasi terkait add-in ini. Klik tombol Add untuk menambahkan Add-in ini ke Microsoft PowerPoint.

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

Jendela Add-in Shutterstock langsung ditampilkan di area sebelah kanan dari Microsoft Office. Di jendela ini, Anda dapat masuk (Sign in) ke Shutterstock bila telah memiliki akun Shutterstock atau ingin membuat akun terlebih dahulu bila belum mempunyai (1). Jendela Shutterstock juga menampilkan kotak pencarian dan pilihan kategori yang digunakan untuk mencari gambar yang diinginkan (2).

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

Bila Anda ingin masuk ke Shutterstock dengan akun Shutterstock atau Anda ingin membuat akun Shutterstock, jendela sign in Shutterstock ditampilkan.

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

Untuk mencari gambar yang diinginkan, masukkan kata kunci dari gambar yang dicari di kotak Search, tentukan kategori gambar dari kotak daftar tarik turun yang ada di sebelah kanannya dan kemudian klik tombol Search.

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

Klik salah satu gambar hasil pencarian untuk melihat pratinjau. Kebanyakan gambar di Shutterstock berlisensi, karena itu, setiap gambar di Shutterstock memiliki watermark. Anda perlu membayar untuk menggunakan gambar dan menghilangkan watermark. Untuk menyisipkan gambar ke dalam slide presentasi, Anda perlu menggunakan teknik copy paste. Tombol Use Image hanya bisa dipakai bila telah memiliki paket berbayar. Meskipun di tampilan awal add-in ada 25.000 gambar gratis, Anda tetap kesulitan mendapatkannya melalui add-in ini.

Menambah dan menggunakan add-In Shutterstock di PowerPoint

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner