Apakah Anda pernah berkeinginan mengambil bagian tertentu dari dokumen Microsoft Word menjadi file gambar PNG atau JPEG? Cara termudah adalah Anda perlu membuka dokumen Word terlebih dahulu dan kemudian mengambil atau menangkap bagian tertentu dari dokumen Word menggunakan utilitas bernama Snipping Tool. Bagian dokumen yang tertangkap utilitas ini dapat disimpan sebagai file gambar PNG atau JPEG.

Cara lain untuk mengambil bagian tertentu dokumen Word menjadi file gambar PNG atau JPEG adalah dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows+Shift+S. Anda perlu membuka terlebih dulu dokumen Word. Penekanan secara bersama kombinasi tombol ini memicu lapisan abu-abu di layar. Untuk mengambil bagian dokumen yang terlihat di layar, cukup dengan mengklik dan menyeret (drag) mouse.

Baca artikel terkait lainnya:

Sebenarnya Microsoft Word juga memiliki cara sendiri yaitu dengan menyimpan salinan dari bagian dokumen Word yang telah menjadi obyek gambar ke file gambar PNG atau JPEG. Cara ini juga mudah meskipun perlu beberapa langkah. Namun, Anda bisa lebih presisi untuk menentukan bagian dokumen Word yang ingin dirubah menjadi file gambar PNG atau JPEG. Berikut ini adalah caranya:

Artikel menarik lainnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka dokumen. Seleksi atau sorot bagian dokumen Word yang ingin disimpan menjadi file gambar PNG atau JPEG. Klik kanan mouse di bagian dokumen yang disorot, dari daftar menu pintas, pilih Copy.

Menyimpan bagian terseleksi dokumen word ke format PNG JPEG

Buka dokumen Word baru yang kosong, Pastikan Anda berada di tab Home (1), klik tombol Paste (2) dan kemudian pilh Paste Special... (3).

Menyimpan bagian terseleksi dokumen word ke format PNG JPEG

Di kotak dialog Paste Special yang muncul, pilih Picture (Enhanced Metafile) (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Menyimpan bagian terseleksi dokumen word ke format PNG JPEG

Bagian dokumen word yang telah dirubah menjadi obyek gambar ditampilkan. Klik kanan pada gambar tersebut dan kemudian pilih Save as Picture...

Menyimpan bagian terseleksi dokumen word ke format PNG JPEG

Di kotak dialog File Save yang muncul, tentukan folder penyimpanan gambar (1), beri nama untuk file gambar (2), pilih format penyimpanan gambar PNG atau JPEG (3) dan kemudian klik tombol Save (4).

Menyimpan bagian terseleksi dokumen word ke format PNG JPEG

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner