Format file doc dan docx Microsoft Word

Doc dan docx adalah dua format file atau ekstensi file yang digunakan di aplikasi Microsoft Word, salah satu aplikasi yang terdapat di paket aplikasi Microsoft Office. Format file doc digunakan di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, sedangkan docx digunakan di aplikasi Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya. Salah satu kendala yang ada di format file terbaru (docx) adalah terkait dengan kompatibilitas.

Dokumen Microsoft Word yang disimpan menggunakan format file docx tidak dapat dibuka di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, sedangkan dokumen yang disimpan dalam format file doc dapat dibuka di Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya. Anda perlu menginstal Microsoft Office Compatibility Pack untuk membuka format file docx di versi Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya.

Kebingungan di kalangan pengguna Microsoft 2003 mulai muncul ketika versi Microsoft 2007 mulai digunakan. Pengguna Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya tidak dapat membuka dokumen Microsoft Word yang diterima dengan format file docx. Tidak semua pengguna Microsoft Office saat itu dengan cepat beralih menggunakan versi terkini.

Baca artikel terkait:

Secara default, Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya menyimpan dokumen dalam format file docx, sedangkan Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya menyimpan dokumen dengan format file doc. Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya dapat menyimpan dokumen dalam format file docx dan doc, sedangkan Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya tidak dapat menyimpan dokumen dalam format file docx.

Sebelum muncul Microsoft Word 2007, Microsoft telah lama menggunakan doc untuk format file dokumen Microsoft Word (lebih dari 30 tahun sejak WordPerfect). Doc merupakan format file milik Microsoft sehingga pembuat software lain tidak dapat menggunakan format ini untuk aplikasi yang mereka buat. Aplikasi pengolah kata (word processor) lainnya memiliki kesulitan ketika membaca dokumen dengan format file doc secara akurat.

Anda mungkin tertarik artikel ini:

Karena inilah, Microsoft kemudian menjadikan docx sebagai format file terbuka dimana perusahaan pembuat software lain dapat mengadopsinya. Doc adalah format file binari, sedangkan docx adalah format file XML (Extensible Markup Language). Format file docx sebenarnya adalah juga file zip yang telah menggunakan ekstensi file kustom (khusus).

1. Keuntungan format file docx dibandingkan doc:

Sebagai format file terkini untuk versi Microsoft Word 2007 ke atas, penggunaan format file docx tentunya mempunyai keuntungan lebih dibandingkan dengan format file sebelumnya, antara lain adalah:

  • Dokumen Microsoft Word yang disimpan dengan format file docx mempunyai ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan dokumen sama yang disimpan dengan format file doc.
  • Ketika menggunakan aplikasi Microsoft Word, dokumen dengan format file docx akan lebih cepat terbuka dibandingkan dokumen dengan format doc.
  • Ketika Anda sering mentransfer file, penggunaan dokumen dengan format file doxc dapat memperkecil terjadinya file corrupt dibandingkan dokumen dengan format file doc.
  • Image (foto dan obyek grafis lain) yang disertakan di dokumen dengan format file docx akan bekerja lebih baik dan mempunyai tingkat ketelitian yang lebih saat dikompresi.
  • Format file docx lebih portabel terhadap berbagai aplikasi berbasis web seperti platform eReader.
  • Format file docx mempunyai ketahanan terhadap serangan virus makro sehingga lebih aman untuk Anda yang sering berbagi dokumen.

2. Perbedaan antara format file doc dan docx:

Sebagai format file untuk versi Microsoft Word 2007 ke atas, format file docx tentunya mempunyai perbedaan sangat jelas dibandingkan dengan format file sebelumnya, antara lain adalah:

  • Doc adalah format file lama yang telah digunakan di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, sedangkan docx adalah format file terkini yang digunakan di Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya.
  • Format file doc dapat dibuka di Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya, sedangkan format file docx tidak dapat dibuka di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya terkait adanya beberapa masalah kompatibilitas.
  • Ukuran dokumen dengan format file docx adalah 75% lebih kecil dibandingkan dengan format file doc sehingga bisa dan lebih cepat saat proses mengunggah (upload) dan berbagi (share) lewat email.
  • Dokumen dalam format file docx dapat dengan mudah dikonversi ke format file doc, html, rtf dan juga format file lainnya, sedangkan format file doc tidak mungkin tanpa bantuan software atau external conventer.
  • Format file doc adalah format binary, sedangkan format file doxc adalah format file XML.
  • Docx adalah format file terkini dari aplikasi Microsoft Word yang mempunyai lebih banyak fitur dibandingkan dengan format file doc.
  • Doc adalah format file hak milik (proprietari) yang dipunyai Microsoft, sedangkan docx adalah format file terbuka yang nantinya banyak program aplikasi pengelola kata (word processor) lain mendukung format file ini.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner