Cara Membuat Hyperlink Dapat Diklik Tanpa Tombol Ctrl Di Microsoft Word

Dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan, Anda mungkin cukup sering mencari bahan atau sumber di internet. Bahan atau sumber di internet tidak hanya berupa konten pada halaman website, namun juga bisa dalam bentuk dokumen yang dapat diunduh. Salah satu dokumen yang juga banyak tersedia di internet adalah dokumen Microsoft Word (format DOCX).

Bisa saja, dokumen Microsoft Word yang Anda peroleh dari internet tersebut berisi satu atau lebih hyperlink yang mengarah ke sumber lain berupa halaman website. Hyperlink sendiri bisa dalam bentuk teks atau gambar. Hyperlink cukup sering disertakan di dokumen Microsoft Word sebagai sumber informasi tambahan atau yang lebih menjelaskan.

Baca artikel:

Secara default, di Microsoft Word, Anda perlu menekan key atau tombol keyboard Ctrl dan kemudian mengklik hyperlink untuk membuka halaman website. Ini tentu saja berbeda dengan hyperlink atau link yang ada di halaman website. Di halaman website, Anda cukup mengklik hyperlink tanpa perlu menekan key atau tombol keyboard Ctrl.

Baca artikel:

Penggunaan key atau tombol keyboard Ctrl untuk hyperlink di Microsoft Word bertujuan untuk mencegak klik yang tidak disengaja. Anda mungkin memang tidak bermaksud untuk membuka halaman website dari hyperlink tersebut. Dengan hanya mengklik hyperlink tanpa Anda menekan key atau tombol keyboard Ctrl, maka halaman website tidak akan terbuka.

Baca artikel:

Situasi akan berbeda bila di dokumen Microsoft Word tersebut terdapat banyak hyperlink yang memang ingin dibuka, maka tambahan penekanan key atau tombol keyboard Ctrl akan sedikit merepotkan dan juga memakan waktu. Untungnya, Microsoft Word juga memberi keleluasaan mengubah pengaturan untuk disesuaikan dengan keinginan Anda.

Anda dapat mengubah pengaturan agar hyperlink dapat diklik tanpa perlu menekan key atau tombol keyboard Ctrl. Ketika Anda ingin membuka halaman website, Anda cukup dengan mengklik hyperlink. Berikut ini adalah cara membuat hyperlink dapat diklik tanpa perlu menekan tombol keyboard Ctrl di Microsoft Word:

Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Word, klik menu File dan di backstage Microsoft Word yang muncul, klik Options yang terletak di posisi paling bawah.

Membuat hyperlink dapat diklik tanpa perlu menekan tombol Ctrl di Microsoft Word

Di kotak dialog Word Options yang muncul, klik tab Advanced (1), di kelompok Editing Options, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) User CTRL + Click to follow hyperlink (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Membuat hyperlink dapat diklik tanpa perlu menekan tombol Ctrl di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It