Mengubah Teks Ke Huruf Besar Atau Huruf Kecil Di Microsoft Word

Ketika membuat dokumen teks dengan Microsoft Word, terkadang Anda perlu mengubah teks ke huruf besar semua (uppercase). Sebagai contoh, ketika menyertakan daftar nama orang ke dalam dokumen, Anda menggunakan huruf besar hanya pada huruf pertama setiap kata dari nama, sedangkan Pimpinan yang menerima konsep dokumen Anda kemudian meminta untuk mengubah nama orang menggunakan huruf besar semua.

Bila Anda pengguna Microsoft Word namun tidak mengetahui fitur untuk mengubah ke hufur besar (uppercase) semua, Anda tentu menghapus semua daftar nama tersebut dan kemudian mengetik ulang menggunakan huruf besar semua. Bila jumlah nama orang dalam daftar sedikit, mungkin Anda dapat menggantinya dengan cepat. Bagaimana bila banyak?

Baca artikel Menghentikan Penulisan Huruf Besar Pada Huruf Pertama Awal Kalimat Di Word

Bila jumlah nama orang dalam daftar banyak, Anda perlu waktu tidak sebentar untuk merubanya dan ini adalah pemborosan waktu yang sia-sia. Untuk mengubah daftar nama orang menjadi huruf besar semua sebenarnya tidak sulit karena Microsoft Word memiliki fitur untuk mengubah dengan cepat sehingga Anda tidak perlu menghapus dan mengetik ulang.

Anda dapat menggunakan fitur berupa tombol Change Case di ribbon Microsoft Word yang dapat diakses dengan mudah atau dapat menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut). Fitur di ribbon menyediakan beberapa opsi lain termasuk mengubah ke huruf kecil semua (lowercase). Berikut ini adalah cara mengubah teks menjadi huruf besar atau huruf kecil di Microsoft Word:

1. Menggunakan pintasan keyboard.

Pintasan keyboard (keyboard shortcut) adalah akses cepat melakukan sesuatu dengan keyboard. Banyak pengguna Expert memilih cara ini. Untuk mengubah teks menjadi huruf besar atau huruf kecil menggunakan pintasan keyboard, seleksi teks terlebih dahulu. Anda juga dapat menyorot teks dengan mudah melalui keyboard.

Bila teks yang akan diubah telah disorot, tekan dan tahan tombol keyboard Shift dan kemudian tekan tombol keyboard F3. Penekanan tombol F3 pertama mengubah teks menjadi huruf besar semua, penekanan tombol F3 kedua mengubah teks menjadi huruf kecil semua dan penekanan tombol F3 ketiga mengubah huruf besar hanya pada huruf pertama setiap kata.

Baca artikel Memperbesar Atau Memperkecil Ukuran Font Di Word Dengan Pintasan Keyboard

2. Menggunakan tombol Change Case di ribbon.

Mengubah teks ke huruf besar atau huruf kecil semua cukup sering dilakukan. Karena itu, Microsoft Word menyediakan akses cepa berupa tombol Change Case (1) di kelompak Font dari tab Home. Melalui tombol Change Case ini, Anda dapat mengubah teks ke huruf besar (uppercase) semua (2) atau huruf kecil semua (lowercase) semua (3) tau ke opsi lainnya yang disediakan.

Mengubah teks ke huruf besar (uppercase) dan huruf kecil (lowercase) di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It