Cara Mengubah Atau Mengkonversi PNG Ke JPG Di Windows 10

Ada beberapa format file gambar yang bisa dipilih ketika Anda ingin menggunakan gambar digital. Dua format populer untuk file gambar untuk saat ini adalah JPEG (JPG) dan PNG. Dua format tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat menentukan format file gambar yang tepat untuk digunakan.

JPG dan PNG memiliki perbedaan utama pada algoritma kompresi yang digunakan. JPG menggunakan lossy compression algoritm sedangkan PNG menggunakan lossless algoritm. Intinya, ukuran gambar format JPG dapat dibuat sangat kecil namun kualitas gambar akan menurun, sedangkan untuk PNG, kualitas gambar tidak jauh berubah dengan ukuran file yang besar. Format PNG juga mendukung transparansi.

Baca artikel:

Umumnya, gambar yang digunakan di blog atau website menggunakan format JPG karena memiliki ukuran file yang lebih kecil sehingga halaman blog atau website dapat dimuat atau ditampilkan lebih cepat. Anda juga kesulitan menggunakan gambar format PNG untuk postingan di media sosial atau sebagai file attachment di email. Ini adalah beberapa alasan Anda perlu menggunakan file JPG dibandingkan PNG.

Baca artikel:

Bila Anda mempunyai gambar format PNG, Anda perlu mengubah atau mengkonversi ke format JPG. Ada banyak layanan online converter gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengubah atau mengkonversi dari format JPG ke PNG. Anda hanya perlu koneksi internet untuk mengkonversi dan mengunduh hasil konversi. Anda juga bisa menggunakan aplikasi komersial image editing seperti Adobe Photoshop untuk mengubah atau mengkonversi gambar dari format PNG ke JPG.

Namun bila Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows, Anda tidak perlu lagi layanan konversi online atau aplikasi komersial pengolah gambar. Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti Microsoft Paint (MS Paint) atau Anda juga dapat menggunakan Microsoft Office seperti Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint. Berikut ini adalah cara mengubah atau mengkonversi format file PNG ke JPG.

1. Menggunakan Microsoft Paint.

Microsoft Paint atau MS Paint adalah editor grafis sederhana yang telah disertakan di semua versi Microsoft Windows. Editor Paint dapat membuka atau menyimpan file dalam format bipmap, JPEG, GIF, PNG dan TIFF satu halaman. Anda dapat membuka Editor Paint di kelompok Windows Accessories di Start Menu.

Jalankan editor Microsoft (MS) Paint dan kemudian buka gambar format PNG yang ingin diubah atau dikonversi ke format JPG. Setelah gambar format PNG dibuka di Microsoft Paint, Anda dapat menyimpan kembali gambar tersebut. Klik menu File (1), klik segitiga kecil dari Save as (2) dan kemudian pilih JPEG picture (3).

Cara mengubah atau mengkonversi format PNG ke JPG di Windows 10

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan file gambar (1), beri nama untuk file gambar (2) dan kemudian klik tombol Save (3).

Cara mengubah atau mengkonversi format PNG ke JPG di Windows 10

2. Menggunakan Microsoft Word.

Pada umumnya, pengguna Microsoft Windows juga menggunakan Microsoft Office. Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint untuk mengubah atau mengkonversi gambar dari format PNG ke JPG. Sebagai contoh, di artikel ini akan menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk mengubah atau mengkonversi gambar format PNG ke format JPG.

Buka aplikasi Microsoft Word dan kemudian sisipkan gambar yang formatnya ingin diubah atau dikonversi dari PNG ke JPG. Setelah gambar disisipkan ke dalam dokumen, klik kanan mouse tepat pada gambar untuk menampilkan menu pintas dan kemudian klik atau pilih Save as Picture...

Cara mengubah atau mengkonversi format PNG ke JPG di Windows 10

Di kotak dialog File Save yang muncul, tentukan drive atau folder termpat penyimpanan file gambar (1), beri nama pada file gambar (2), pilih JPEG File Interchange Format (*.jpg) untuk Save as type (3) dan kemudian klik tombol Save (4).

Cara mengubah atau mengkonversi format PNG ke JPG di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It