Memisah split dokumen Microsoft Word dalam dua jendela

Cara Memisah (Split) Dokumen Microsoft Word Dalam Dua Jendela

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) populer dan paling banyak digunakan. Dengan Microsoft Word, Anda dapat membuat berbagai tipe dokumen, dari dokumen pendek seperti surat bisnis perusahan sampai dokumen panjang seperti naskah buku. Microsoft Word memiliki fitur lengkap untuk membantu meningkatkan produktivitas Anda. Semua fitur ditujukan untuk memberi kemudahan ketika Anda bekerja di dokumen Microsoft Word.

Salah satu fitur penting untuk menangani dokumen panjang Microsoft Word adalah Split Window. Fitur ini akan memisah atau membagi sebuah dokumen panjang dalam dua jendela secara horizontal sehingga Anda dapat melihat dua bagian dari dokumen pada saat yang bersamaan. Ini adalah fitur bermanfaat untuk dokumen panjang yang terdiri dari puluhan, ratusan atau ribuan halaman.

Baca artikel

Menjaga kesesuaian isi di dokumen panjang bukan hal mudah. Setelah Anda memeriksa ulang dokumen, ditemukan ada ketidaksesuai isi, misalnya di halaman 95 dan di halaman 207. Untuk menyesuaikan isi di salah satu halaman, Anda perlu menggulung dokumen ke bawah dan ke atas berkali-kali. Cara yang demikian cukup merepotkan dan memerlukan waktu lebih lama untuk menyesuaikan isi dokumen.

Baca artikel Menavigasi Halaman Dokumen Microsoft Word Dengan Thumbnail

Dengan fitur Split Window, Anda dapat melihat dua halaman berbeda dari dokumen secara bersamaan, misalnya halaman 95 dan halaman 207, tidak perlu lagi menggulung dokumen ke atas atau ke bawah berulang kali. Ketika fitur digunakan, Microsoft Word menambahkan bilah pemisah horizontal (horizontal split bar) tepat di tengah. Namun, Anda masih dapat memposisikan ulang dengan cara klik, tahan dan menggerakkan ke posisi yang diinginkan (dragging).

Anda juga perhatikan, setiap jendela memiliki bilah pengulung (scroll bar) sendiri. Anda dapat menggunakan bilah penggulung untuk menampilkan halaman tertentu yang berbeda, misalnya jendela pertama menampilkan halaman 95 dan jendela kedua menampilkan halaman 207. Anda kemudian dapat melakukan menyesuaikan isi dokumen tanpa perlu menggulung dari halaman 95 ke halaman 207 atau sebaliknya berkali-kali.

Berikut ini adalah cara memisah atau membagi (split) dokumen panjang Microsoft Word dalam dua bagian atau jendela menggunakan fitur Split Window.

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka dokumen panjang yang akan dipisah atau dibagi dalam dua bagian atau jendela (window). Pastikan tab View telah aktif (1), di kelompok Window (2), klik tombol Split (3).

Memisah membagi split dokumen Microsoft Word dalam dua jendela

Anda dapat perhatikan bilah pemisah atau pembagi horizontal (horizontal split bar) telah ditambahkan tepat di tengah. Bila diinginkan, Anda dapat memposisikan ulang dengan cara menggerakkannya menggunakan mouse. Untuk menampilkan halaman tertentu dokumen di masing-masing jendela, gunakan bilah penggulung (scroll bar) yang ada di sisi paling kanan.

Memisah membagi split dokumen Microsoft Word dalam dua jendela

Bila Anda telah selesai melakukan penyesuaian isi dokumen, Anda dapat mengembalikan dokumen ke jendela tunggal. Caranya, klik, tahan dan gerakkan bilah pemisah horizontal (horizontal split bar) ke posisi paling atas atau paling bawah. Cara lainnya, klik kembali tombol yang ada di tab View yang kini dengan label Remove Split.

Memisah membagi split dokumen Microsoft Word dalam dua jendela
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It