flowchart (bagan alir) adalah rangkaian simbol-simbol yang menjelaskan langkah sebuah proses atau alur kerja (workflow). Bagan alir dibuat untuk menunjukkan tahapan proses yang harus dilalui dalam suatu sistem. Salah satu software terbaik untuk membuat flowchart dan berbagai jenis diangram lainnya adalah Microsoft Visio.

Namun, bagaimana bila Anda ingin membuat flowchart sedangkan Anda tidak memiliki software Microsoft Visio. Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi yang ada di Microsoft Office, misalnya Microsoft Word. Microsoft Word memiliki fitur Shape yang didalamnya terdapat berbagai shape (bentuk) yang mewakili simbol-simbol flowchart dan konektor flowchart.

Menambahkan kanvas gambar.

Bila Anda menggambar flowchart langsung di dokumen Microsoft Word, Anda tidak akan kesulitan ketika menggunakan simbol flowchart, namun Anda akan menemui kesulitan ketika menggunakan konektor yang menggambarkan arus proses di flowchart. Anda dapat mengatasi kesulitan ini dengan menambahkan kanvas gambar (drawing canvas). Membuat flowchart di Microsoft Word dengan kanvas gambar memudahkan Anda menggunakan konektor nantinya.

Untuk menambahkan kanvas gambar (drawing canvas) ke dokumen Microsoft Word, pastikan Anda telah berada di tab Insert, klik tombol Shapes dan di bagian paling bawah, pilih New Drawing Canvas.

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Kanvas gambar (drawing canvas) ditambahkan di dokumen Microsoft Word dan tab Format kini menjadi tap aktif. Ukuran kanvas gambar dapat dirubah sesuai kebutuhan menggunakan handle (lingkaran kecil) yang ada di setiap sisi dan sudut kanvas.

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Menggambar simbol flowchart.

Untuk mengambar simbol flowchart, pastikan tab Format masih aktif, di kelompok Insert Shapes, klik salah satu shape yang mewakili simbol flowchart yang ingin digambar (1). Anda juga bisa menggunakan tiga tombol anak panah yang terletak di sisi kanan untuk mencari shape flowchart yang diinginkan (2).

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Anda dapat mulai menggambar simbol flowchart di kanvas gambar dengan cara mengklik dan menyeret (click and drag). Ulangi langkah di atas bila Anda ingin menggambar simbol flowchart lainnya.

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Menambahkan teks pada shape simbol flowchart.

Anda dapat menambahkan teks pada shape flowchart dengan cara mengklik kanan mouse tepat di shape flowchart dan dari daftar menu pintas, pilih Add Text.

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Menggunakan konektor.

Untuk mengambar konektor, pastikan tab Format masih aktif, di kelompok Insert Shapes, klik salah satu shape yang mewakili konektor (line) yang ingin digambar (1). Anda bisa menggunakan tiga tombol anak panah yang terletak di sisi kanan untuk mencari shape konektor yang diinginkan (2).

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Ketika menggambar konektor, pastikan Anda memanfaatkan titik koneksi (bulatan kecil) yang muncul ketika mendekatkan mouse pada shape flowchart. Klik tepat di titik koneksi pada shape flowchart pertama, kemudian seret mouse ke shape flowchart berikutnya dan klik tepat di titik koneksinya.

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

Perlukah menambahkan grid?

Penggunaan kanvas gambar sebenarnya sudah sangat membantu. Anda dapat menggeser shape flowchart dengan mudah untuk tepat sejajar dengan shape flowchart lainnya. Namun sebagian pengguna Microsoft Word juga ada yang menambahkan grid untuk membantu meletakkan shape flowchart agar lebih presisi yang sebenarnya justeru akan membuat flowchart akan nampak samar.

Baca artikel Cara Menampilkan Gridlines Di Dokumen Microsoft Word

Membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It