Ketika Anda menghapus file atau folder di sistem operasi Microsoft Windows, file atau folder yang dihapus akan dipindahkan atau disimpan di Recycle Bin. Anda perlu dua kali proses penghapusan untuk menghapusnya secara permanen yaitu menghapus file atau folder dari tempatnya dan kemudian menghilangkan file atau folder tersebut dari Recycle Bin.

Sebenarnya Recycle Bin dapat dikatakan sebagai fasilitas penyelamat yang disediakan oleh Microsoft Windows dari proses penghapusan file atau folder tanpa sengaja. Maksud dari fasilitas penyelamat di sini adalah Anda masih bisa membatalkan file atau folder yang terhapus tanpa sengaja dengan melakukan proses restore di Recycle Bin.

Baca artikel terkait:

Adakalanya Anda sangat yakin dengan file atau folder yang dihapus sehingga tidak perlu disimpan di Recycle Bin. Recycle Bin sendiri juga menyediakan opsi untuk tidak menyimpan file atau folder yang dihapus di Recycle Bin. Bila telah yakin bahwa file atau folder yang dihapus tidak perlu disimpan di Recycle Bin (dihapus permanen), Anda dapat merubah opsi melalui properties Recycle Bin. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Klik kanan icon Recycle Bin yang ada di dekstop untuk menampilkan menu shortcut dan kemudian pilih atau pilih Properties.

Menghapus file atau tolder tanpa menyimpannya di recycle bin

Jendela Recycle Bin Properties ditampilkan. Untuk menghapus secara permanen file atau folder yang ada di salah satu drive tanpa perlu menyimpannya di Recycle Bin, pilih salah satu drive, misalnya Data (D) untuk disorot (1), klik tombol radio (radio button) berlabel Don't move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted (2) untuk mengaktifkannya, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Display delete confirmation dialoque (3), tekan tombol Apply (4) dan kemudian tombol Close (5) untuk menyimpan perubahan.

Menghapus file atau tolder tanpa menyimpannya di recycle bin

Sekarang, setiap kali Anda menghapus file atau folder drive Data (D), file atau folder tersebut akan langsung dihapus tanpa menyimpannya terlebih dahulu di Recycle Bin. Bila Anda juga ingin agar file atau folder terhapus langsung dari drive C tanpa menyimpannya terlebih dahulu di Recycle Bin, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It