Ketika Anda membuka laman sebuah website, Anda mungkin sering menjumpai adanya satu atau lebih link (tautan). Secara standar, warna link adalah biru bergaris bawah, berbeda dengan teks biasa yang berwarna hitam dan tidak bergaris bawah. Ketika link diklik, warna berubah menjadi merah dan bergaris bawah, sedangkan untuk Link yang sudah pernah diklik akan berwarna ungu dan bergaris bawah.

Semua laman website dibuat dengan bahasa HTML dengan menggunakan elemen yang tersedia, termasuk untuk membuat link. Anda dapat membuat link di HTML dengan menggunakan elemen anchor (a) dan menambahkan atribut href berisi URL laman website yang dituju di tag <a>, sedangkan link text atau teks terlihat yang akan dirubah menjadi link diapit dengan tag <a> dan </a>. Berikut ini adalah sintaksis sederhananya:

<a href="url">link text</a>

Secara default, ketika Anda mengklik link, laman website yang dituju oleh link akan dibuka di tab atau jendela browser yang sama, artinya laman sebelumnya diganti (overide) dengan laman baru. Di dalam teknik SEO, membuka laman website lain di tab atau jendela browser yang sama akan mengarahkan visitor ke website tersebut dan ini dianggap kurang baik.

Baca artikel Mozilla Firefox: Membuka Hasil Pencarian (Search Result) Di Tab Baru

Oleh karena itu, pemilik blog atau website yang laman website berisi link yang mengarah ke website lain akan mengatur agar dibuka di tab atau jendela baru browser. Di HTML, untuk membuka link di tab atau jendela baru browser dapat ditambahkan atribut target di tag <a> dan diisi nilai _blank. Berikut ini adalah sintaksis sederhananya:

<a href="url" terget="_blank">link text</a>

Kode HTML berikut ini adalah cara membuat link yang akan mengarah ke laman website lain dan membukanya di tab atau jendala baru browser. Kode menggunakan elemen anchor (a) dengan dua atribut yaitu atribut href berisi URL laman website yang dituju dan atribut target berisi _blank agar laman website dibuka di tab atau jendela baru browser.

<a href="https://www.topikit.com/seo.html/" target="_blank">topikit.com/seo</a>

Berikut ini contoh kode HTML sederhana membuat link yang dibuka di tab atau jendela baru browser.

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h2>Atribut target="_blank"</h2>

<a href="https://www.topikit.com/seo.html/" target="_blank">topikit.com/seo</a>

<p>Gunakan atribut target="_blank" untuk membuka link di tab atau jendela baru.</p>

</body>
</html>

Hasil menjalankan kode HTML di browser adalah sebagai berikut:

HTML membuka link atau tautan di tab atau jendela baru

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner