Ketika Anda menjalankan atau membuka File Explorer, Anda dapat melihat dua atau lebih drive. Drive dapat dikenali dari label (nama) dan drive letter, misalnya Local Disk (C:) dan Data Penting (D:). Beberapa komputer, tergantung partisi yang dilakukan, mungkin mempunyai tambahan drive lain seperti Backup (E:) dan Data Utama (G:). Label atau nama dan drive letter pada drive bisa dirubah. Drive letter sendiri juga bisa disembunyikan.

Ketika Anda melihat drive di komputer lain, label atau nama drive mungkin bisa berbeda dari yang Anda miliki. Seperti merubah label atau nama pada folder atau file, Anda juga dapat merubah label atau nama pada drive dengan cukup mudah. Windows sendiri menyediakan beberapa fitur untuk maksud ini, bisa melalui shortcut menus, keyboard shortcut, command line dari Command Prompt dan juga Windows PowerShell.

Artikel menarik lainnya:

Sebelum Microsoft Windows menggunakan file system NTFS, label atau nama drive terdiri dari maksimal 11 karakter. Dengan file system NTFS, label atau nama drive bisa terdiri dari maksimal 32 karakter. Bila Anda merubah label atau nama drive, usahakan untuk menggunakan label atau nama yang deskriptif (memiliki arti), misalnya bila komputer Windows dipakai beberapa orang, beri label atau nama pada drive seperti Data Ana (D:) dan Data Yanto (E:).

Baca artikel terkait:

Ada beberapa cara berbeda untuk merubah label drive (drive label) atau nama drive (drive name) di Windows. Anda perlu menjalankan atau membuka File Explorer untuk mengakses drive yang ada. Anda dapat membaca artikel tentang beberapa cara menjalankan atau membuka File Explorer melalui link artikel di bawah. Berikut ini adalah beberapa cara termudah merubah label atau nama drive di Microsoft Windows:

Baca artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan File Explorer Di Microsoft Windows 10.

1. Keyboard shortcut F2.

Seleksi atau sorot dahulu drive yang label atau namanya akan dirubah. Anda dapat menyeleksi atau menyorot drive melalui tombol keyboard anak panah atau melalui klik mouse dan kemudian tekan tombol keyboard F2. Ketikkan label atau nama baru untuk drive.

Baca artikel Cara Menyeleksi Atau Menyorot Banyak File Dan Folder Di Windows

2. Tombol Rename File Explorer.

Di File Explorer yang terbuka klik This PC (1) seleksi drive yang label atau namanya akan dirubah (2), pastikan Anda berada di tab Computer (3), di kelompok Lacation, klik tombol Rename (4). Ketikkan label atau nama baru untuk drive.

Merubah label atau nama drive di Microsoft Windows

3. Menu pintas (shortcut menus).

Klik kanan mouse pada drive yang label atau namanya akan dirubah, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Rename. Ketikkan label atau nama baru untuk drive.

Merubah label atau nama drive di Microsoft Windows

4. Kotak dialog [nama-drive] Properties.

Klik kanan mouse pada drive yang label atau namanya akan dirubah, dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Properties.

Merubah label atau nama drive di Microsoft Windows

Di kotak dialog [nama-drive] Properties yang muncul, pastikan Anda telah berada di tab General (1), Ketikkan label atau nama baru untuk drive (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Merubah label atau nama drive di Microsoft Windows

5. Command line Command Prompt.

Beberapa cara di atas menggunakan antar muka grafis (GUI) yang lebih mudah untuk pengguna Windows biasa. Bila Anda juga terbiasa mengelola file dan folder menggunakan command line di Command Prompt, Anda juga dapat merubah label atau nama drive melalui command line ini. Pastikan Anda telah menjalankan atau membuka Command Prompt. Anda dapat membaca artikel cara menjalankan atau mengakses Command Prompt melalui link berikut ini.

Baca artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan Command Prompt Di Microsoft Windows 10.

Di Command Prompt, Anda dapat menggunakan perintah label <drive-letter>: nama-baru untuk merubah label atau nama drive. Misalnya, untuk merubah drive Data (D:) menjadi Data Hindro (D:), ketikkan perintah label D: Data Hindro dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Tutup dan buka kembali File Explorer untuk melihat perubahan.

Merubah label atau nama drive di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It