Mengoptimalkan perangkat penyimpanan eksternal untuk performa lebih baik

Mengoptimalkan Perangkat Penyimpanan Eksternal Untuk Performa Lebih Baik

Microsoft Windows 10 memiliki kebijakan (policy) berbeda untuk perangkat penyimpanan eksternal (external storage) yang menggunakan koneksi USB dan thunderbolt seperti flash drive atau external hard drive yaitu Quick removal dan Better performance. Kebijakan ini yang mengontrol bagaimana sistem Microsoft Windows berinteraksi dengan perangkat penyimpanan eksternal tersebut.

Di versi Microsoft Windows sebelumnya, default policy adalah Better performance. Mulai di Microsoft Windows 10 version 1809, default policy berubah menjadi Quick removal. Dengan Quick removal, Windows akan menulis data ke perangkat penyimpanan eksternal secepat mungkin. Secara teori, Anda dapat melepas atau mencabut perangkat penyimpanan eksternal tanpa perlu proses "Safely Remove Hardware".

Baca artikel Buffalo Ministation HD-PATU3 Dengan Konektor Thunderbolt

Melepas atau mencabut flash drive atau external hard drive tanpa proses "Safely Remove Hardware" sebenarnya tidak dianjurkan. Kita tidak tahu kapan tepatnya proses menulis data ke perangkat penyimpanan eksternal benar-benar telah selesai. Bila kita melepas atau mencabut flash drive namun proses menyimpan masih berlangsung, maka akan terjadi kerusakan pada data (data corruption).

Baca artikel:

Quick removal juga dapat membuat aplikasi atau program berjalan labat. Ketika Anda menyimpan file dan proses menulis data ke perangkat penyimpanan eksternal berlangsung, program atau aplikasi kemungkinan akan berjalan lambat atau berhenti sampai proses menulis selesai. Untuk mengatasi masalah program atau aplikasi yang berjalan lambat, Anda dapat merubah kebijakan default dari Quick remove ke Better performance.

Ketika Better performace digunakan, Windows memberlakukan cache untuk operasi penulisan dan membolehkan program atau aplikasi tetap berlanjut seakan-akan telah melakukan operasi menulis data ke perangkat penyimpanan eksternal. Namun, untuk melepas atau mencabut flash drive atau merangkat penyimpanan eksternal lain, Anda harus melakukan proses "Safely Remove Hardware".

Baca artikel:

Cara yang demikian akan memberi sinyal ke sistem Microsoft Windows untuk menulis semua cache data ke penyimpanan eksternal sehingga semua data atau file akan aman sebelum Anda melepas atau mencabut perangkat penyimpanan eksternal tersebut. Berikut ini adalah cara merubah kebijakan (policy) untuk perangkat penyimpanan eksternal dari Quick remove ke Better performace di Windows 10.

Pastikan Anda telah mengkoneksikan perangkat penyimpanan eksternal seperti flash drive atau external disk drive ke komputer. Klik kanan mouse tepat pada tombol Start (1) yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan menu WinX dan kemudian pilih Disk Management (2).

Baca artikel Masalah Hard Disk Eksternal Yang Tidak Terdeteksi Di Windows

Mengoptimalkan perangkat penyimpana eksternal untuk performa lebih baik

Di jendela Disk Management yang muncul, klik kanan pada perangkat penyimpanan eksternal (1) untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudia pilih Properties (2).

Mengoptimalkan perangkat penyimpana eksternal untuk performa lebih baik

Di jendela Properties dari perangkat penyimpanan eksternal yang muncul, pastikan Anda memilih tah Policies (1), klik tombol radio Better performance (3), beri tanda centang di kotak centang Enable write caching on the device (3) dan kemudian klik tombol OK (4) untuk mengakhiri.

Mengoptimalkan perangkat penyimpana eksternal untuk performa lebih baik
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It