PDF (*.pdf) adalah format file yang dimiliki oleh Adobe System yang kini telah menjadi format file standar terbuka. Format file PDF memiliki kelebihan dibandingkan dengan format file lainnya yaitu layout dan tampilan yang tidak berubah meskipun dibuka menggunakan software, hardware dan sistem operasi berbeda. Format PDF dibuat untuk bisa mempertahankan layout dan kontent agar sulit berubah.

PDF adalah format file yang banyak digunakan untuk menyimpan dokumen final. PDF juga menjadi format file pilihan ketika Anda ingin berbagi (share) dokumen secara online. Karena itu, Anda dapat menemukan dokumen dengan mudah dalam format file ini di internet. Karena keunggulannya, banyak aplikasi seperti Microsoft Office, OpenOffice.org dan LibreOffice juga menawarkan opsi penyimpanan dalam format PDF disamping format default.

Baca artikel terkait:

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang terdapat di paket aplikasi Microsoft Office. Sebagai aplikasi spreadsheet pengolah data yang sangat canggih, Microsoft Excel juga memberikan opsi penyimpanan ke banyak format file, salah satunya adalah format PDF. Secara default, bila Anda menyimpan lembar kerja (worksheet) Microsoft Excel ke format PDF, lembar kerja aktif yang akan disimpan ke format PDF.

Artikel terkait PDF:

Microsoft Excel memiliki fitur yang kompleks. Penyimpanan hasil kerja di Microsoft Excel ke format PDF tidak hanya dalam bentuk worksheet, namun Anda juga mempunyai fleksibilitas untuk memilih bagian mana yang ingin disimpan ke format PDF dan tidak menyertakan bagian lainnya. Misalnya, Anda memiliki tabel dan grafik di Excel dan ingin menyimpan hanya grafik Excel saja ke format PDF. Anda dapat melakukan ini dengan cukup mudah.

Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan kemudian buka file yang telah memiliki grafik. Seleksi grafik dengan mengklik tepat di garis batas grafik (border).

Cara menyimpan grafik Microsoft Excel ke format PDF

Klik menu File yang ada di sudut kiri atas, dari backstage Microsoft Excel yang muncul, pilih Save As (1) dan kemudian Browse (2).

Cara menyimpan grafik Microsoft Excel ke format PDF

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder tempat file PDF akan disimpan (1), beri nama untuk file PDF (2), dari daftar tarik turun Save as type, pilih PDF (*.pdf) (3), gunakan saja opsi default untuk Optimation for (4) dan kemudian klik tombol Save (5). Grafik Excel disimpan ke format PDF.

Cara menyimpan grafik Microsoft Excel ke format PDF

Anda bisa membuka file tersebut untuk memastikan bahwa hanya grafik Excel saja yang disimpan ke format PDF. Grafik Excel di contoh ini dibuka menggunakan aplikasi gratis Adobe Acrobat Reader. Anda juga dapat membuka file PDF tersebut menggunakan aplikasi PDF viewer lainnya.

Cara menyimpan grafik Microsoft Excel ke format PDF

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner