Anda tentu masih ingat dengan rumus pelajaran ilmu pasti di sekolah seperti Kimia, Matematika atau Fisika. Bagaimana Anda mempelajari rumus kimia air H2O, persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, atau rumus energi Albert Einstein E = mc2. Tentu, artikel ini tidak membahas rumus tersebut tetapi lebih ke penulisan rumus. Bila diperhatikan, ada teks berukuran lebih kecil dan terletak di bawah atau di atas garis normal.

Teks berukuran kecil yang terletak di bawah atau di atas garis nomal disebut berturut-turut dengan subscript dan superscript. Aplikasi pengolah kata (word processor) seperti Microsoft Word memiliki fitur ini dan sangat mudah digunakan. Lalu bagaimana bila Anda ingin membuat artikel online dan perlu memformat seperti subscript dan superscript. Anda bisa menggunakan dua cara yaitu dengan elemen atau tag HTLM atau property CSS.

Artikel terkait lainnya:

Artikel ini adalah tentang membuat teks subscript atau superscript dengan HTML. HTML memiliki elemen sub (tag <sub>) untuk membuat teks subscript dan elemen sup (tag <sub>) untuk membuat teks superscript. Teks yang akan dibuat subscript atau superscript diletakkan di antara tag pembuka dan tag penutup. Berikut ini adalah membuat teks subscript atau superscript dengan HTML.

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h2>Membuat teks subscript dan Superscript</h2>
<p>Membuat teks subscript dan superscript dengan elemen <strong>sub</strong> dan elemen <strong>sup</strong> HTML.</p>

<h3>Membuat teks subscript.</h3>
<p>Rumus kimia air : H<sub>2</sub>O</p>
<p>Rumus kimia karbon dioksida : CO<sub>2</sub></p>

<h3>Membuat teks superscript.</h3>
<p>Rumus persamaan kuadrat : ax<sup>2</sup> + bx + c = 0</p>
<p>Rumus energi Albert Einstein : E = mc<sup>2</sup></p>

</body>
</html>

Berikut ini adalah hasil tampilan (rendering) di web browser Google Chrome:

Cara membuat teks subscript atau superscript dengan HTML

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It