Mengkonversi nama domain ke alamat ip address dengan nslookup
Konversi Nama Domain Ke IP Address - NSLOOKUP

Bagaimana cara Anda untuk mengunjungi home page (halaman depan) sebuah situs (blog atau website)? Anda mengetik nama domain beserta ekstensi di address bar browser dan kemudian menekan tombol Enter. Mengunjungi situs umumnya demikian, namun Anda seharusnya menggunakan IP address yaitu serangkaian angka, misalnya 119.234.455.43. Tentu, Mengunjungi situs dengan IP Address akan lebih sulit dibanding nama domain dan ekstensinya.

Anda bisa membayangkan seandainya mengakses situs dengan IP address sedangkan Anda mempunyai puluhan situs favorit yang secara rutin dikunjungi. Anda harus mengingat atau menghafal puluhan IP address dari semua situs favorit Anda. Cara yang demikian sungguh menyulitkan dan mungkin Anda harus membuat catatan daftar IP address dari semua situs. Ini belum termasuk ketika Anda salah menulis angka atau lupa tanda titik dari IP address.

Baca artikel:

Karena pertimbangan sulitnya mengingat IP Address, maka diperkenalkan Domain Name System (DNS). DNS ini membolehkan pengunjung untuk mengakses situs dengan nama yang mudah diingat manusia. Nama inilah yang dimaksud dengan nama domain (domain name). Anda tentu lebih mudah mengakses blog ini dengan nama domain "termasmedia.com" dari pada alamat IP seperti "119.234.255.43".

Baca artikel:

Nama domain ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada Anda, sedangkan alamat situs yang Anda kunjungi tetap menggunakan IP address. Untuk memetakan nama domain ke IP address adalah tugas DNS. Di Microsoft Windows, bila ingin mengetahui IP address dari nama domain tertentu, Anda dapat menggunakan perintah NSLOOKUP di Command Prompt. Berikut ini adalah caranya:

Buka atau jalankan Windows Command Prompt terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk menjalankan Command Prompt di Windows. Anda dapat membaca di artikel Membuka Atau Menjalankan Command Prompt Di Windows 10

Di jendela Command Prompt yang muncul, Anda ketik "NSLOOKUP nama-domain", misalnya "NSLOOKUP termasmedia.com" (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Di bagian bawah, Anda dapat melihat IP address yang dicari untuk nama domain tersebut (2).

Mengkonversi nama domain IP address

Selain menggunakan perintah NSLOOKUP di Windows Command Prompt, ada cukup banyak layanan konverter online yang juga bisa Anda gunakan, misalnya whatismyipaddress.com, tools.keycdn.com, domaintoipconventer.com, hcidata.info dan lain sebagainya.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It