Touchpad adalah alat penunjuk (pointing device) yang selalu ada di perangkat laptop. Touchpad telah menjadi alat penunjuk standar di laptop selama bertahun-tahun. Touchpad bekerja dengan cara menterjemahkan posisi dan gerakan jari pengguna pada touchpad ke posisi relatif di layar komputer. Terkadang, mouse tetap menjadi pilihan meskipun ada touchpad di setiap laptop yang digunakan.

Yang sedikit merepotkan ketika menggunakan touchpad adalah saat sedang mengetik, touchpad tanpa sengaja tersentuh. Hal ini menyebabkan kursor mouse ikut bergeser dan ketikkan tidak diposisi yang semestinya. Solusi terbaik untuk ini adalah dengan mematikan atau menonaktifkan touchpad bila mouse juga telah terpasang.

Baca artikel Cara Mereset Touchpad laptop Ke Pengaturan Default Di Windows 10

Ada beberapa cara untuk mematikan atau menonaktifkan touchpad laptop. Anda dapat mematikan atau menonaktifkan touchpad melalui Wndows Settings, kombinasi tombol keyboard atau melalui Device Manager. Berikut ini penjelasan singkat dan cara mematikan atau menonaktifkan touchpad laptop:

1. Melalui Windows Settings.

Bila Anda pengguna Microsoft Windows 10, Anda dapat melakukan pengaturan melalui Windows Settings agar touchpad dapat otomatis dimatikan atau dinonaktifkan ketika mouse terkoneksi ke laptop. Mungkin, ini adalah cara yang lebih praktis dapat mengetahui alat penunjuk mana yang harus digunakan.

Klik tombol Start yang ada di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings. Di jendela Windows Settings yang muncul, klik Devices (Bluetooth, printers, mouse).

Mematikan menonaktifkan touchpad laptop

Di jendela Settings - Devices, pilih kategori Touchpad (1) dan hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) Leave touchpad on when a mouse is connected (2).

Mematikan menonaktifkan touchpad laptop

2. Kombinasi tombol keyboard.

Bila ada mouse yang terkoneksi ke laptop dan ingin menggunakannya, Anda dapat mematikan atau menonaktifkan touchpad laptop melalui kombinasi tombol keyboard. Yang perlu diketahui adalah setiap merek laptop kemungkinan menggunakan kombinasi tombol keyboard berbeda. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Fn+F6 atau Fn+F7 untuk laptop Acer dan Fn+F9 untuk laptop ASUS dan laptop Toshiba.

Mematikan menonaktifkan touchpad laptop

3. Melalui Device Manager.

Bila Anda bukan pengguna Windows 10 atau Anda tidak mengetahui kombinasi tombol keyboard, Anda dapat mematikan atau menonaktifkan touchpad laptop melalui Device Manager. Mungkin, ini adalah cara yang paling seragam di semua versi Windows atau merek laptop. Perbedaan mungkin hanya terletak pada bagaimana cara mengakses Device manager.

Baca artikel Beberapa Cara Membuka Device Manager Di Microsoft Windows 10

Klik tombol Type here to search (1), ketikkan "Device Manager" di kotak pencarian (search box) Windows 10 (2) dan kemudian klik hasilnya (3).

Mematikan menonaktifkan touchpad laptop

Di jendela Device manager yang muncul, klik ganda kategori Mice and other pointing devices (1). Di sini, ada dua device dengan nama sama dan mungkin bisa berbeda dengan yang Anda miliki. Bila demikian, Anda dapat menonaktifkan (disable) satu persatu secara bergantian untuk memastikan mana yang merupakan touchpad. Klik kanan di salah satu device untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Disable device (2).

Mematikan menonaktifkan touchpad laptop

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It