Tidak sedikit yang beranggapan bahwa sistem operasi Apple, macOS (penyebutan Mac OS sampai 2012), memiliki sisi keamanan (security) yang lebih baik bila dibandingkan dengan sistem operasi Microsoft, Microsoft Windows. Sebenarnya, anggapan seperti ini tidak sepenuhnya benar. Mac juga rentan terhadap serangan berbagai varian malware, termasuk di sini adalah serangan virus. Lalu, mengapa serangan virus atau malware lainnya banyak ditemukan di Windows?

Anda tentu mengatahui bahwa pengguna berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows saat ini mencapai 80% dan 20% sisanya adalah pengguna sistem operasi lain, termasuk di sini adalah Mac. Bila seseorang membuat atau ingin menyebarkan malware yang ditujukan untuk merusak sistem komputer atau mendapatkan uang, tentu target yang dituju adalah sistem operasi yang banyak digunakan, bukan yang sedikit, sehingga memiliki hasil dan dampak yang besar.

Baca artikel Program Antivirus Gratis Terbaik Untuk Windows

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa Windows rentan terhadap serangan virus dan berbagai jenis malware lain karena banyak virus atau varian malware dibuat untuk menyerang Windows. Ini bukan berarti Mac OS lebih aman dari serangan virus dan malware. Sejak tahun 2010, serangan virus atau varian malware lain pada Mac OS terus meningkat. Oleh karena itu, untuk pengguna Mas OS, menambahkan lapisan (layer) pengamanan tambahan dalam hal ini program antivirus adalah ide yang baik.

Berikut ini adalah 4 software antivirus terbaik yang bisa menjadi opsi untuk digunakan di Mac OS.

1. Sophos Home for Mac.

Program antivirus terbaik untuk masOS (Mac OS)

Selama bertahun-tahun, Sophos adalah aplikasi antivirus dan proteksi keamanan tingkat bisnis untuk Windows dan Mac OS. Kini, Sophos membawa aplikasi antivirus dan proteksi keamanan tingkat bisnisnya ke pengguna personal. Sophos Home for Mac mampu melindungi setiap Mac dari virus, malware dan ransomware. Sophos juga memberi keamanan ketika Anda membuka situs-situs web mencurigakan yang mungkin mengandung skema phising atau malware.

2. Avast Free Mac Security.

Program antivirus terbaik untuk masOS (Mac OS)

Avast Antivirus tidak hanya terkenal sebagai antivirus untuk Microsoft Windows, tetapi juga untuk Mac OS. Avast Free Mac Security tidak hanya menghentikan serangan dari berbagai verian malware, tetapi juga akan melakukan pemindaian dari kemungkinan malware yang telah menginfeksi. Ketika Anda menjelajah internet, Avast Free Mac Security juga memberi sinyal pada website yang tidak aman, memblokir unduhan (download) yang tidak aman, menghentikan file attachment yang tidak aman dan mencegah pelacakan web yang mengganggu.

3. Malwarebytes for Mac.

Program antivirus terbaik untuk masOS (Mac OS)

Malwarebytes for Mac adalah antivirus favorit untuk pengguna Mac. Malwarebites bekerja dengan cara menemukan dan menghapus malware yang ada di Mac. Sekarang, Malwarebite for Mac tidak hanya mempertahankan kemampuan gratisnya untuk menemukan dan menghapus malware, tetapi juga memperluas kemampuan dengan menawarkan versi komersial premium yang secara aktif mampu mencegah berbagai varian malware termasuk virus.

4. Bitdefender Antivirus for Mac.

Program antivirus terbaik untuk masOS (Mac OS)

Bitdefender menawarkan dua aplikasi untuk keamanan Mac OS yaitu free virus scanner dan Bitdefender Antivirus for Mac berbayar. Kedua aplikasi ini menggunakan engine yang sama untuk menemukan dan menghapus varian malware, termasuk virus. Perbedaan antara keduanya adalah free virus scanner for Mac menggunakan pendekatan manual untuk memindai Mac, sedangkan Bitdefender Antivirus for Mac menggunakan fitur yang membuat proses menjadi lebih sederhana.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It