Mungkin Anda tidak tahu berapa jumlah file dan folder di komputer Windows yang telah Anda buat sendiri atau yang diperoleh dari orang lain. Anda hanya merasakan bahwa untuk menemukan file atau folder yang dicari di File Explorer, Anda harus menggunakan bilah penggulung ke atas dan ke bawah yang menandakan bahwa sudah banyak file dan folder yang tersimpan.

Folder atau direktori di Microsoft Windows adalah tempat untuk menyimpan file dan folder lainnya. Jumlah file dan folder di dalam folder penyimpanan bisa terus meningkat seiring waktu. Pernahkah muncul keinginan Anda untuk mengetahui atau menghitung berapa jumlah file atau folder di dalam sebuah folder penyimpanan? Ada saatnya dimana Anda perlu mengetahui secara pasti, baik yang terkait pekerjaan atau hal lainnya.

Baca artikel Bagaimana Menghitung Jumlah Gambar Di Dokumen Microsoft Word

Di Microsoft Windows, ada beberapa cara untuk menemukan informasi terkait ini. Sebenarnya, Anda mungkin sering menggunakan salah satu cara, hanya saja kurang begitu memperhatikan atau memang tidak memberi fokus ke infomasi ini. Berikut ini adalah cara mengetahui jumlah file dan folder di dalam folder penyimpanan di Microsoft Windows:

1. Menggunakan File Explorer.

Bila Anda menggunakan Microsoft Windows, Anda tentu tidak asing dengan File Explorer (dulunya Windows Explorer). File Explorer adalah aplikasi bawaan Windows sebagai tempat untuk mengelola file dan folder. Untuk mengetahui jumlah file dan folder di sebuah folder penyimpanan, cukup klik folder tersebut (1) dan Anda dapat melihat jumlah file dan folder yang ada di dalamnya (2).

Mengetahui jumlah file dan folder di folder penyimpanan di Windows

Di File Explorer, secara default, folder akan ditampilkan di bagian atas dan file di bagian bawah. Bila Anda ingin mengetahui jumlah file atau folder saja, cukup seleksi atau sorot semua file atau folder (1) untuk mengetahui jumlahnya (2).

Baca artikel Cara Menyeleksi Atau Menyorot Banyak File Dan Folder Di Windows

Mengetahui jumlah file dan folder di folder penyimpanan di Windows

2. Menggunakan fitur Properties untuk menghitung secara rekursif.

Jika Anda ingin mengetahui jumlah file dan folder secara rekursif atau semuanya termasuk file dan folder yang ada di subfolder, Anda dapat menggunakan fitur Properties dari folder penyimpanan tersebut. Klik kanan mouse pada folder penyimpanan dan dari daftar menu pintas yang muncul, klik Properties.

Mengetahui jumlah file dan folder di folder penyimpanan di Windows

Di kotak dialog [nama-folder] Properties yang muncul, di tab General (1), Anda dapat melihat jumlah file dan folder pada label Contains (2).

Mengetahui jumlah file dan folder di folder penyimpanan di Windows

3. Menggunakan Command Prompt untuk menghitung secara rekursif.

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengetahui jumlah file dan folder secara rekursif (semuanya) termasuk file dan folder yang ada di dalam subfolder. Untuk menggunakan Command Prompt, Anda perlu sedikit banyak mengetahui perintah-perintah dasar yang paling sering digunakan. Anda perlu untuk menavigasi ke folder (direkori) penyimpanan yang jumlah file dan folder ingin diketahui.

Artikel terkait Command Prompt:

Di contoh ini, folder penyimpanan yang digunakan adalah gmailfile yang ada di drive D:. gmailfile adalah subfolder dari folder topmedia. Dari gambar di bawah ini, Anda dapat memperhatikan cara berpindah dari drive C: ke D: dan kemudian menavigasi ke folder gmailfile. Ketika Anda sudah di folder gmailfile, ketikkan perintah dir *.* /w /s dan tekan Enter.

Mengetahui jumlah file dan folder di folder penyimpanan di Windows

Command Prompt akan menampilkan semua daftar file dan folder yang ada di folder penyimpanan gmailfile. Di bagian bawah, terdapat ringkasan jumlah file dan folder.

Mengetahui jumlah file dan folder di folder penyimpanan di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It