Aplikasi Microsoft Excel memiliki baris dan kolom dalam jumlah yang sangat besar. Anda dapat dengan leluasa memasukkan data dalam jumlah yang besar pula. Tabel data yang dibuat, dapat melebar ke kanan dan juga turun ke bawah dengan leluasa. Yang mungkin menjadi kendala saat melihat data di bagian kanan atau bawah adalah label baris atau kolom juga ikut bergeser. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya hubungan antara data dan artinya yang diwakili oleh label tersebut.

Ini menjadi salah satu alasan Microsoft Excel menghadirkan fitur Freeze Panes. Fitur ini membolehkan Anda untuk leluasa melihat-lihat data dengan tetap menampilkan label baris atau kolom. Dengan demikian, Anda tidak akan kehilangan hubungan antara data dan artinya yang diwakili label tersebut. Berikut ini adalah cara untuk menjaga agar label kolom tetap kelihatan:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan buka lembar kerja yang sudah memiliki data. Anda dapat memperhatikan kembali posisi label kolom berada di baris paling atas.

Membuat label baris atau kolom selalu tetap kelihatan (freeze)

Pastikan terlebih dahulu Anda telah berada di tab View, klik tombol berlabel Freeze Panes dan kemudian pilih Freeze Top Row dari daftar menu yang ditampilkan.

Membuat label baris atau kolom selalu tetap kelihatan (freeze)

Sekarang label data akan tetap kelihatan meskipun Anda menggerakan batang penggulung (scroll bar) yang ada di samping kanan untuk melihat data-data yang ada di bagian bawah.

Membuat label baris atau kolom selalu tetap kelihatan (freeze)

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It