Address bar browser Google Chrome memiliki fitur tersembunyi yang jarang diketahui. Salah satu fitur dimaksud adalah menggunakannya sebagai kalkulator. Anda bisa menggunakan untuk perhitungan matematika (ekspresi matematika). Yang perlu diketahui adalah bagaimana menuliskan ekspresi matematika dengan format yang benar dan dapat dimengerti komputer, misalnya menggunakan * sebagai pengganti x dalam perkalian. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tidak direpotkan dengan kalkulator yang tertingal di rumah atau harus memasang program aplikasi kalkulator di komputer.

Pastikan Anda telah menggunakan mesin pencari Google (Google search engine) dan jalankan peramban (browser) Google Chrome Anda. Ketikkan ekspresi matematika yang akan dicari nilainya, misalnya 125 + 355 + 200 - (25 * 3), di address bar dari browser Google Chrome. Google akan memprediksi hasil sementara perhitungan ekspresi matematika sampai adanya penekanan tombol keyboard Enter.

Menggunakan address bar Google Chrome sebagai kalkulator

Ketika tombol keyboard Enter ditekan, Google menyertakan hasil pencarian berupa perkakas tambahan seperti kalkulator ukuran penuh, sekaligus dengan hasil dari ekspresi matematika. Perhitungan cepat ekspresi matematika sebenarnya telah dapat dilakukan sejak lama di Google Chrome, namun Google telah melakukan perubahan besar pada hasil pencariannya.

Menggunakan address bar Google Chrome sebagai kalkulator

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner