Fitur utama dan penting pada laptop gaming

Setiap tahun, banyak game baru bermunculan dengan tampilan grafis yang semakin luar biasa. Game baru yang semakin menampilkan visual yang mencengangkan dan terkesan hidup ini juga menuntut sumber daya (resource) yang tinggi. Laptop dengan spesifikasi biasa tidak akan mampu menjalankan banyak game modern yang ada saat ini. Diperlukan laptop dengan spesifikasi khusus yang memang didesain untuk bermain game berat.

Untuk Anda yang suka bermain game di laptop, sangat disarankan untuk menggunakan laptop gaming yang memiliki spesifikasi khusus untuk bermain game. Sudah banyak produsen laptop yang mengeluarkan laptop gaming di pasaran. Laptop gaming memiliki beberapa ciri- atau fitur utama yang membedakannya dengan kebanyakan laptop biasa yang digunakan untuk mendukung pekerjaan sehari-hari.

Baca artikel Laptop Gaming Vs Desktop Gaming, Pilih Mana?

1. Prosesor handal.

Prosesor (processor) handal menjadi salah satu penyokong untuk setiap laptop gaming yang hebat. Prosesor bertindak sebagai otak (brain) dari laptop gaming yang mengirim dan menterjemahkan instruksi ke dan dari setiap bagian perangkat keras (hardware). Oleh karena itu, dengan prosesor handal, performa terbaik dalam bermain game dapat dicapai.

Ada dua pabrikan prosesor utama yang banyak menyematkan prosesor buatannya ke laptop gaming yaitu Intel dan AMD. Dahulu, banyak orang beranggapan bahwa prosesor AMD lebih mumpuni. Namun sekarang, anggapan seperti telah berubah. Intel memiliki processor handal untuk laptop gaming seperti Intel Core i7-8700K generasi ke-8, Intel Core i7-9700K generasike-9 atau Intel Core i9-9900K generasi ke-9. Untuk prosesor keluaran AMD, ada AMD Ryzen 3 2200G, AMD Ryzen 5 2600X atau AMD Ryzen 7 2700.

Baca artikel:

2. Kartu grafis kelas atas.

Laptop gaming sangat perlu kartu grafis tambahan (dedicated graphics card), namun tidak sekedar hanya kartu grafis tambahan. Kartu grafis tambahan yang ada pada laptop gaming harus tangguh untuk pemrosesan grafis tingkat tinggi. Ada cukup banyak produsen kartu grafis. Untuk pemakaian kartu grafis pada laptop saat ini masih didominasi oleh NVIDIA dan AMD.

NVIDIA dan AMD memiliki cukup banyak opsi kartu grafis untuk laptop gaming. Saat ini, kartu grafis terbaik untuk laptop dari NVIDIA misalnya GeForce GTX 1070, GeForce GTX 1080 atau GeForce RTX 2070, sedangkan kartu grafis terbaik dari AMD misalnya Radeon R7 M45X, Radeon 530 atau Radeon RX 560. Dapat dipastikan bahwa laptop gaming dengan salah satu kartu grafis tambahan dari NVIDIA atau AMD mampu menjalankan game berat dengan lancar tanpa lag.

Baca artikel:

3. Ruang penyimpanan melegakan.

Ukuran untuk file game cenderung besar. Karena itu, laptop game perlu memiliki ruang penyimpanan hard disk drive (HDD) yang juga besar. Terlebih lagi bila Anda menyukai banyak game, ingin menyimpan dan memainkan di laptop gaming Anda. Kapasitas ruang penyimpanan sebesar 500 GB adalah minimal. Disarankan, laptop game memiliki ukuran ruang penyimpanan 1 TB.

Baca artikel:

4. Layar laptop berkualitas.

Layar (screen) laptop berfungsi sebagai tampilan gambar. Kualitas tampilan gambar selain bergantung pada kartu grafis, juga bergantung pada kualitas layar. Bentang layar laptop game 15.6 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 merupakan standar. Bentang layar laptop gaming yang lebih luas akan semakin bagus dan bisa memberi kepuasan dalam bermain game, misalnya bentang layar 17.3 inci berpanel IPS berosolusi FHD 1920 x 1080.

5. Audio kualitas terbaik.

Laptop gaming dengan audio biasa menjadi kurang memuaskan. Anda dapat melihat, misalnya laptop gaming Acer Predator Helios 500 yang memiliki audio kualitas terbaik dan premium. Acer Predator Helios 500 memiliki speaker 2.1 channel Acer Trueharmony yang didukung subwoofer yang dapat menghasilkan suara yang memikat telinga. Selain itu, Waves NX juga siap menyajikan audio surround 360o yang sangat bermanfaat untuk game.

Baca artikel:

6. Daya baterai kuat dan tahan lama.

Laptop identik dengan baterai dimana semua perangkat mendapat asupan daya. Baterai melekat pada laptop sehingga menjadi portable dan dapat dibawa kemana saja. Coba banyangkan, bila baterai tidak kuat lama dalam mensuplai daya untuk laptop gaming yang umumnya memiliki kinerja tinggi. Anda tidak akan leluasa membawa laptop gaming ke manapun. Laptop gaming seharusnya dibekali baterai berkapasitas bersar, misalnya 74WH sehingga mampu mensuplai daya lebih lama.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It