Mencegah PC atau laptop Windows masuk sleep mode

Anda mungkin sering mendapati ketika PC atau laptop Windows ditinggal selama waktu tertentu tanpa aktifitas, PC atau laptop tersebuk masuk ke mode sleep. Ketika ingin menggunakan kembali, Anda cukup menekan tombol keyboard dan semua akan kembali ke kondisi yang sama ketika Anda meninggalkannya. Mode sleep adalah salah satu fitur yang ada di Windows dan secara standar telah diaktifkan.

Lalu apa manfaat mode sleep ini? Di mode sleep, sistem Windows akan menggunakan daya lebih rendah sehingga ini akan dapat menghemat daya, khususnya ketika menggunakan baterai laptop. Mode sleep juga dapat memperpanjang usia pakai komponen PC atau laptop karena komponen tidak bekerja terus menerus dengan daya penuh. Mode sleep juga sering disebut dengan mode standby.

Baca artikel Menambahkan Opsi Hibernate Di Tombol Power Windows 10

Namun ada saat dimana Anda ingin mencegah agar PC atau laptop tidak masuk ke mode sleep, misalnya Anda sedang mengunduh (download) file program atau movie yang memiliki ukuran file cukup besar sehingga diperlukan waktu lama atau ketika Anda sedang melakukan streaming video. Bila Windows masuk ke mode sleep, proses download dan streaming akan terhenti.

Kejadian seperti ini pernah penulis alami ketika sedang menggunakan fitur Evidence Remover dari software Revo Uninstaller yaitu menghapus permanen file atau leftover yang tidak terhapus ketika mengkosongkan Recycle Bin. Ketika sistem Windows masuk ke mode sleep dan selama di mode ini, proses penghapusan permanen dengan Revo Uninstaller berhenti, sedangkan penghapusan normal saja memerlukan waktu cukup lama.

Ada beberapa cara untuk mencegah PC atau laptop Windows masuk ke mode sleep atau untuk menonaktifkan mode sleep yaitu melalui Windows Settings, Control Panel atau menggunakan software dari pihak ketiga (third-party softwares):

1. Windows Settings.

Di Windows 10, klik tombol Start, kemudian klik ikon Settings, di jendela Windows Settings yang muncul pilih System (Display, sound, notifications, power). Di jendela Settings - System yang muncul, di area sebelah kiri, pilih Power & sleep (1), di area sebelah kanan, di kelompok Sleep, atur semua nilai ke Never (2).

Cara menonaktifkan mode sleep di Windows

2. Control Panel.

Di Windows 10, klik ikon Search yang ada di taskbar, ketik "Control Panel" dan tekan tombol Enter untuk membuka Control Panel. Di jendela Control Panel yang muncul, pilih Hardware and Sound, kemudian pilih Power Options, di area sebelah kiri, pilih Change when the computer sleeps untuk membuka jendela Edit Plan Setting dan kemudian atur nilai Put the computer to sleep ke Never (1) dan kemudian klik tombol Save changes (2).

Cara menonaktifkan mode sleep di Windows

3. Software pihak ketiga.

Selain menggunakan fitur yang sudah ada di Windows seperti dijelaskan di atas, Anda juga dapat mencegah PC atau laptop Windows masuk mode sleep dengan menggunakan software dari pihak ketiga (third-party software). Ada beberapa software atau program aplikasi yang bisa dicoba misalnya Insomnia, Caffeine, Caffeinated, Noise atau Don't Sleep.

Cara menonaktifkan mode sleep di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It