XAMPP adalah paket solusi web server untuk membuat web server lokal di PC lokal. XAMPP dapat diinstal dan berjalan di beberapa platform seperti Windows, Linux dan OS X. XAMPP terdiri dari beberapa software seperti Apache web server, MariaDB / MySQL, PHP, Perl, FileZilla dan beberapa software lainnya. XAMPP sangat popular untuk pengembangan web berbasis PHP.

Ketika XAMPP selesai diinstal, Anda sudah mempunyai web server lokal di PC local. Dengan web server local, Anda dapat membuat website dari awal menggunakan PHP atau menggunakan aplikasi web CMS. Anda tidak perlu membuang uang untuk menyewa web hosting. Untuk sementara waktu, Anda dapat membuat dan mengembangkan website di web server lokal sampai benar-benar siap untuk online.

XAMPP yang sebelumnya menggunakan database MariaDB, kini kembali menggunakan database MySQL Karena MariaDB merupakan fork (versi lain) dari MySQL dan memiliki kemiripan termasuk konektor database, Anda dapat menggunakan salah satu dari dua database tersebut. Kini XAMPP mendukung banyak aplikasi CMS atau aplikasi lain yang serupa CMS seperti Joomla, Wordpress, Drupal, CMS Made Simple, PrestaShop, Magento, Moodle, phpBB dan lain sebagainya.

Membuat website menggunakan PHP atau CMS di web server local XAMPP tidak terlepas dari menggunakan web server Apache dan database MySQL. Untuk memulai, Anda perlu menjalankan layanan (service) Apache dan MySQL secara manual. Anda perlu membuka XAMPP control panel dan mengklik tombol Start dari Apache dan MySQL. Bila Anda ingin menjalankan layanan Apache dan MySQL secara otomatis ketika menjalankan XAMPP, Anda dapat melakukan merubah pengaturan.

Buka panel kontrol XAMPP dan kemudian klik tombol Config.

Memulai service Apache dan MySQL di XAMPP secara otomatis

Di kotak dialog Configure of Control Panel, di bagian Autostrat of modules, beri tanda centang di dua kotak cetang berlabel Apache dan MySQL (1) dan kemudian klik tombol Save (2).

Memulai service Apache dan MySQL di XAMPP secara otomatis

Mulai sekarang, kapanpun Anda membuka panel kontrol XAMPP, layanan (service) Apache dan MySQL dimulai secara otomatis.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It