Menggunakan Cortana Sebagai Kalkulator Di Microsoft Windows

Ketika bekerja di PC atau laptop Windows. Anda sebenarnya tidak memerlukan perangkat kalkulator lagi. Microsoft Windows sudah memiliki program Calculator yang canggih, bila terkoneksi internet, Anda juga dapat menggunakan address bar (omnybox) browser Google Chrome sebagai kalkulator. Program Calculator di Windows memiliki fitur yang jauh lebih kompleks dibanding dengan perangkat kalkulator.

Bila ingin sedikit lebih rumit, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Anda cukup mengetik langsung formula di sel Excel dengan format yang benar atau setidaknya Anda mengetahui urutan prioritas operator di ekspresi aritmatika (Operator Precedence). Anda tinggal menekan tombol Enter untuk mendapatkan hasilnya.

Menggunakan Cortana ebagai kalkulator di Microsoft Windows

Alernatif lain, Anda dapat menggunakan Cortana, Personal Digital Assistant, yaitu fitur cerdas yang ada di Microsoft Windows 10 sebagai kalkulator. Cortana dapat membantu melakukan operasi aritmatika sederhana. Cortana dapat melakukan operasi dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, fungsi trigonometri, akar kuadrat dan sebagainya.

Baca artikel Menambahkan Kalkulator Windows Di Quick Access Toolbar Excel

Untuk menggunakan Cortana sebagai kalkulator, di area taskbar sebelah kiri, klik Cortana (1), ketik formula di kotak pencarian (2) dan Anda akan melihat hasil serta tampilan yang mirip dengan kalkulator (3). Cortana dapat mengenali urutan prioritas operator di formula, mengevaluasi dan melakukan penyesuaian secara tepat (4).

Menggunakan Cortana ebagai kalkulator di Microsoft Windows

Bila Anda selesai mengetik formula dan menekan tombol Enter, browser default Microsoft Edge akan dijalankan dengan menampilkan kalkulator dan hasil dari formula.

Menggunakan Cortana ebagai kalkulator di Microsoft Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It