Ketika sedang bekerja di depan komputer, masihkah Anda perlu menggunakan perangkat kalkulator? Ini pula yang biasa dilakukan oleh teman kantor waktu dulu meskipun sudah diberitahu bahwa Microsoft Windows mempunyai program Calculator yang berfungsi sama dengan perangkat kalkulator. Anda sebenarnya juga tidak memerlukan perangkat kalkulator lagi ketika berada di depan komputer. Anda banyak program yang bisa digunakan dan dapat difungsikan sebagai kalkulator ketika ingin melakukan perhitungan aritmetika.

Bila Anda ingin sedikit agak rumit, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Anda dapat mengetikkan langsung formula di sel Excel dengan format yang benar serta setidaknya mengetahui dengan baik urutan prioritas operator di ekspresi aritmetika (Operator Precedence) atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi browser, misalnya Google Chrome, dengan mengetikkan formula di address bar. Anda kemudian tinggal menekan tombol Enter untuk mendapatkan hasil dari formula tersebut.

Menggunakan Cortana ebagai kalkulator di Microsoft Windows

Yang lebih mudah lagi, Anda dapat menggunakan program Calculator bawaan Microsoft Windows (built-in program). Program Calculator dapat diakses dengan mengklik tombol Start (tombol dengan logo Windows di sudut kiri bawah), dari daftar program yang ditampilkan, Anda dapat menemukan program Calculator. Untuk kelompok Calculator di program Calculator, ada beberapa pilihan level yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda yaitu Standard, Scientific, Programmer dan Date Calculation.

Alernatif lainnya lagi, Anda dapat menggunakan Cortana, Personal Digital Assistant, yaitu fitur cerdas yang terdapat di Microsoft Windows 10 sebagai kalkulator. Cortana dapat membantu melakukan operasi aritmetika sederhana. Cortana dapat melakukan operasi dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, fungsi trigonometri, akar kuadrat dan sebagainya. Banyak pengguna Microsoft Windows 10 tidak mengetahui fungsi Cortana sebagai kalkulator.

Untuk menggunakan Cortana sebagai kalkulator, di area taskbar sebelah kiri, klik Cortana (1), ketikkan formula di kotak pencarian Cortana (2) dan Anda akan melihat hasil serta tampilan yang mirip dengan kalkulator (3). Cortana dapat mengenali urutan prioritas operator di dalam formula dievaluasi dan akan melakukan penyesuaian secara tepat (4).

Menggunakan Cortana ebagai kalkulator di Microsoft Windows

Bila Anda selesai mengetikkan formula dan kemudian menekan tombol Enter, browser Microsoft Edge akan dijalankan dengan menampilkan kalkulator dan hasil dari formula.

Menggunakan Cortana ebagai kalkulator di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It