Menggabungkan Banyak Gambar Menjadi Sebuah File PDF Di Windows 10

PDF banyak dipilih sebagai format file untuk menyimpan atau mendistribusikan dokumen final. Keunggulan dari format file PDF ini adalah tidak bergantung pada hardware, platform dan aplikasi yang digunakan untuk membuka file ini. File PDF tetap memiliki layout (tata letak) dan tampilan yang sama ketika dibuka di laptop, tablet atau smartphone dengan sistem operasi desktop maupun mobile yang berbeda.

Bila Anda mempunyai banyak gambar yang ingin membagikannya kepada teman, Anda dapat menggabungkan semua gambar menjadi sebuah file PDF agar teman cukup mengunduh satu file saja dan mendapatkan tampilan gambar yang sama. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menggabungkan banyak gambar menjadi sebuah file PDF, salah satunya PDF Shaper.

Baca artikel Menyimpan Halaman Web Ke Format PDF Dengan Google Chrome

Namun, Anda tidak perlu aplikasi pihak ketiga manapun. Windows 10 memiliki fitur bawaan Microsoft Print to PDF yang bisa digunakan untuk menggabungkan banyak gambar menjadi sebuah file PDF. Fitur Microsoft Print to PDF adalah opsi ketika Anda menggunakan jendela atau kotak dialog Print. Kehadiran fitur Microsoft Print to PDF di Windows 10 dikatakan terlambat karena macOS dan Linux telah memiliki fitur dengan fungsi serupa sejak lama.

Baca artikel:

Berikut ini adalah cara menggabungkan atau mengkombinasikan banyak file gambar menjadi sebuah file PDF di Microsoft Windows 10:

Buka atau jalankan File Explorer, navigasi ke folder tempat file-file gambar disimpan (1), sorot atau seleksi semua gambar yang ingin digabungkan atau dikombinasikan menjadi sebuah file PDF, klik kanan mouse di salah satu gambar yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Print (2).

Menggabungkan banyak file gambar menjadi sebuah file PDF

Di kotak dialog Print Pictures yang muncul, pilih Microsoft Print to PDF dari kotak daftar tarik turun (drop-down box) berlabel Printer (1), tentukan Paper size dan Quality (2), tentukan apakah Anda ingin mencetak satu gambar per halaman atau banyak gambar dalam satu halaman (3), dan kemudian klik tombol Print (4) untuk mulai menggabungkan atau mengkombinasikan semua gambar yang diseleksi ke dalam satu file PDF.

Menggabungkan banyak file gambar menjadi sebuah file PDF

Di kotak dialog Save Print Output As yang muncul, tentukan folder tempat menyimpan file PDF yang dihasilkan (1), beri nama pada file PDF (2) dan kemudian klik tombol Save (3) untuk menyimpan.

Menggabungkan banyak file gambar menjadi sebuah file PDF

Berikut ini adalah tampilan dari file PDF dibuka di aplikasi Adobe Acrobat Reader DC.

Menggabungkan banyak file gambar menjadi sebuah file PDF
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It