Cara menutup paksa program atau aplikasi yang tidak merespon di Windows 10

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan sampai saat ini. Banyak program atau aplikasi dibuat untuk berjalan di Microsoft Windows. Umumnya, pengguna Microsoft Windows akan menjalankan lebih dari satu program sekaligus. Sebagai pengguna Windows, pernahkan Anda mendapati salah satu program mengalami jeda panjang atau berhenti merespon cukup lama (freeze)?

Di Windows, Anda mungkin pernah mengalami atau bahkan cukup sering mengalami salah satu program berhenti merespon (stop responding). Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab program berhenti responsif seperti konflik software atau hardware, berkurangnya sumber daya sistim, program masih memiliki bug, error pada software atau driver dan sebagainya.

Baca artikel Cara Mudah Memperbaiki Sebagian Besar Masalah Komputer

Biasanya, program yang berhenti merespon tidak dapat ditutup dengan mengklik tombol Close (X) yang ada di sudut kanan atas jendela program. Bila demikian, Anda perlu cara lain untuk menutup program yang tidak merespon. Di Windows, ada tiga cara untuk menutup paksa program yang tidak merespon. Anda dapat mencoba menggunakan salah satunya.

Baca artikel Memblokir Program Atau Aplikasi Dengan Windows Firewall

1. Pintasan keyboard Alt + F4.

Salah satu cara mudah menutup paksa program yang tidak merespon adalah dengan menggunakan keyboard shorcut Alt + F4. Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa jendela program yang tidak merespon adalah yang terseleksi dan aktif dan kemudian tekan kombinasi tombol keyboard Alt + F4 untuk menutup paksa program tersebut. Bila tidak ada jendela program yang diseleksi atau aktif, maka penekanan tombol keyboard Alt + F4 akan mematikan (shut down) paksa Windows.

Cara menutup paksa program atau aplikasi yang berhenti merespon di Windows 10

2. Melalui Task Manager.

Berikutnya, Anda juga dapat menutup paksa program yang berhenti merespon melalui Task Manager yaitu salah satu tool bawaan Windows yang memonitor aplikasi, proses (processes) dan layanan (services) yang sekarang ini sedang berjalan. Salah satu cara paling mudah membuka atau menjalankan Task Manager adalah melalui kombinasi tombol keyboard Ctrl + Shift + Esc.

Buka atau jalankan Task Manager terlebih dahulu melalui kombinasi tombol keyboard Ctrl + Shift + Esc. Di jendela Task Manager yang muncul, pastikan Anda berada di tab Processes (1), di bagian Apps, klik kanan pada program yang berhenti merespon, misalnya Adobe Photoshop (2) dan dari daftar menu pintas yang muncul, pilih End task (3).

Cara menutup paksa program atau aplikasi yang berhenti merespon di Windows 10

3. Menggunakan perintah taskkill /im.

Selain kedua cara di atas, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt dengan perintah tasklist dan taskkill /im [nama-program.exe]. Untuk memulai, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu dan kemudian ketik perintah tasklist dan tekan tombol keyboard Enter untuk menampilkan daftar layanan dan program yang sedang berjalan saat ini. Anda dapat menemukan nama program berekstensi .exe yang berhenti atau tidak merespon.

Cara menutup paksa program atau aplikasi yang berhenti merespon di Windows 10

Untuk menutup paksa program yang berhenti merespon (freeze), misalnya Photoshop.exe, ketik perintah taskkill /im Photoshop.exe dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Jika perintah berhasil dieksekusi akan muncul pesan SUCCESS: Sent termination signal to the process "Photoshop.exe" with PID 444. PID adalah id proses yang ditetapkan sistem Windows dan bisa berbeda-beda.

Cara menutup paksa program atau aplikasi yang berhenti merespon di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It