Kegunaan dan cara melakukan emergency restart di Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi Microsoft yang terus menerus mendapatkan penyempurnaan melalui update. Meskipun terus disempurnakan, terkadang, keadaan yang tidak diharapkan juga dapat terjadi seperti aplikasi atau sistem operasi Windows sendiri tidak merespon (hang atau freeze) atau mengalami crash. Biasanya, solusi sederhana seperti melakukan restart Windows dapat memperbaiki masalah yang terjadi.

Lalu, bagaimana bila Anda tidak dapat melakukan restart secara normal karena Windows sendiri tidak dapat merespon? Sebenarnya, Windows 8, 8.1 dan 10 memiliki mode reboot rahasia yang disebut dengan emergency restart. Ini adalah fitur tersembunyi pada Windows untuk melakukan reboot dengan segera, terlebih lagi ketika Windows tidak dapat merespon.

Baca artikel Reset this PC, Fitur Perbaikan Untuk Windows Bermasalah

Ketika emergency restart dilakukan, Windows akan menutup dengan paksa semua aplikasi yang terbuka atau yang sedang berjalan saat ini. Windows juga tidak menampilkan pesan peringatan untuk menyimpan data atau pekerjaan Anda yang berarti data atau pekerjaan yang belum tersimpan akan hilang. Melakukan emergency restart cukup mudah. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel Mengulang Kembali (Restart) Driver Kartu Grafis Di Windows 10

Untuk memulai, tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Alt + Del. Di Windows security screen yang muncul, tekan dan tahan tombol keyboard Ctrl dan kemudian klik ikon power yang ada di sudut kanan bawah.

Kegunaan dan cara melakukan emergency restart di Windows 10

Windows menampilkan peringatan pada Anda bahwa akan melakukan emergency restart. Klik tombol OK untuk melakukan emergency restart.

Kegunaan dan cara melakukan emergency restart di Windows 10

Karena dampak yang ditimbulkan adalah kemungkinan hilangnya data atau pekerjaan Anda, gunakan fitur emergency restart ini sebagai opsi terakhir.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It