Untuk pengguna komputer biasa, MAC (Media Access Control) address bukan hal yang perlu untuk diketahui. MAC address lebih bersifat teknis yang berkaitan dengan perangkat di dalam jaringan. Pengguna biasa umumnya tidak memberi perhatian lebih pada hal teknis yang demikian, meskipun sebenarnya MAC address sendiri tidak sulit untuk dipahami dan cukup penting diketahui. Pengguna komputer tingkat lanjut mungkin perlu dan tentu tidak mengabaikan MAC address ini.

Melalui MAC address, sebuah perangkat dapat diblokir agar tidak bisa terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. MAC addres juga dapat dirubah untuk memberi perlindungan terkait dengan privasi pengguna serta untuk menghindari batasan akses di suatu jaringan. Sangat mungkin, seseorang yang mengetahui kegunaan MAC address pernah melakukan perubahan MAC address komputer atau laptop yang dimiliki.

Baca artikel:

MAC address adalah nomor atau kode untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang ada di dalam jaringan. MAC address diberikan oleh pabrikan perangkat dan secara virtual melekat pada network adapter atau koneksi LAN. Lalu bagaimana bila Anda menggunakan komputer atau laptop Windows, mengetahui bahwa MAC address network adapter telah dirubah dan kemudian ingin mengembalikan (restore) MAC address asli dari network adapter tersebut?

Baca artikel:

Di Windows, bila Anda tidak mengetahui MAC address asli network adapter dan ingin menggunakan kembali, Anda dapat mengembalikan MAC address asli network adapter dengan cukup mudah. Di contoh ini, Anda dapat mengembalikan MAC address asli menggunakan properti network adapter melalui Windows 10. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan atau buka kotak dialog Run menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows+R, ketik devmgmt.msc (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter atau klik tombol OK (2). Mengembalikan (restore) MAC address network udapter di Windows 10

Di jendela Device Manager yang muncul, klik Network adapter (1). Komputer atau laptop Windows bisa memiliki lebih dari satu koneksi LAN. Klik kanan pada LAN card atau Wireless LAN Adapter yang MAC address aslinya ingin dikembalikan (2) untuk menampilkan menu pintas (shorcut menus) dan selanjutnya pilih Properies (3).

Mengembalikan (restore) MAC address network udapter di Windows 10

Di kotak dialog nama LAN card atau Wireless LAN Adapter yang muncul, pastikan Anda berada di tab Advanced (1), di bagian Property, pilih Network Address (2), kemudian klik tombol radio Not Present (3) dan selanjutnya klik tombol OK (4) untuk menyimpan perubahan.

Mengembalikan (restore) MAC address network udapter di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It