Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows

4 Cara Membuka Device Manager Di Microsoft Windows 10

Device Manager adalah tool penting bawaan Microsoft Windows untuk mengelola berbagai perangkat (device) yang telah terinstal di komputer. Device Manager memberi tinjauan secara memusat dan terorganisasi untuk banyak perangkat seperti kartu grafis (graphics card), kartu suara (sound card), bluetooth, mouse, keyboard, USB device, monitor, hard drive, kartu jaringan (network adapter), kamera, baterai (batteries) dan lain sebagainya.

Tool Device Manager digunakan untuk melakukan kontrol ke semua perangkat tersebut. Kontrol yang dimaksud di sini adalah untuk melihat atau mengetahui status perangkat, memperbaharui, memasang atau mencopot driver, menghapus perangkat lama atau yang sudah tidak digunakan lagi dan lain sebagainya.

Baca artikel:

Di versi Windows sebelumnya, misalnya Windows 7, pengguna Windows sudah terbiasa membuka Device Manager melalui Control Panel. Namun, di Windows 10, Microsoft mulai menyembunyikan Control Panel dan menggantinya dengan Windows Settings. Hal ini dapat membuat bingung pengguna baru Windows saat membuka Device Manager ketika ada masalah pada perangkat.

Sebenarnya ada beberapa cara berbeda untuk membuka Device Manager di Windows 10. Bila Anda salah satu pengguna Windows 10 yang mungkin mengalami kebingungan ketika membuka tool ini, berikut adalah beberapa cara membuka Device Manager di Windows 10:

1. Melalui menu WinX.

Klik kanan tombol Start Menu (1) atau gunakan pintasan keyboard Windows + X untuk menampilkan menu WinX, dari daftar menu yang muncul, pilih Device Manager (2).

Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows

2. Melalui kotak dialog Run.

Untuk membuka kotak dialog Run, gunakan pintasan keyboard Windows + R. Di kotak dialog Run yang terbuka, ketik devmgmt.msc di kotak teks yang tersedia (1) dan klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter untuk membuka Device Manager.

Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows

3. Membuat pintasan desktop untuk Device Manager.

Bila Anda telah membuat pintasan desktop (desktop shortcut) untuk Device Manager, ini adalah cara yang cepat untuk membuka Device Manager. Ketika Anda menyalakan atau booting Windows, area yang pertama kali ditampilkan adalah desktop Windows. Membuat pintasan desktop untuk Device Manager tidak sulit, berikut ini adalah caranya:

Baca artikel:

Klik kanan di area kosong dari desktop Windows, dari menu pintas yang muncul, klik New (1) dan kemudian klik Shortcut (2).

Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows

Di kotak dialog Create Shortcut yang muncul, ketikkan devmgmt.msc di kotak teks (1) dan kemudian klik tombol Next (2).

Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows

Masih di kotak dialog Create Shortcut, beri nama untuk pintasan desktop (desktop shorcut) yang dibuat, misalnya "Device manager" dan akhiri dengan mengklik tombol Finish (2). Pintasan desktop telah selesai dibuat. Untuk membuka Device manager, klik ganda (double clicks) pintasan desktop tersebut.

Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows

4. Melalui kotak pencarian (search box) Windows.

Ini adalah cara yang mudah karena di Windows 10 terdapat kotak pencarian (Search Box) di sudut kiri bawah pada taskbar. Klik ikon Type here to search (1), ketik "Device Manager" (2) di kotak pencarian dan kemudian klik Device Manager hasil dari pencarian (3).

Cara membuka Device Manager di Microsoft Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It