Menyeleksi atau menyorot file dan folder adalah operasi dasar ketika menggunakan komputer. Di antar muka grafis (GUI) seperti Microsoft Windows, Anda dapat melihat dengan jelas antara file atau folder yang terseleksi dengan yang tidak terseleksi. Banyak operasi pada file atau folder dimulai dengan menyeleksinya terlebih dahulu, misalnya menghapus, memberi nama ulang, menyalin atau memindahkan ke folder atau direktori lain.

Ada banyak cara untuk menyeleksi file atau folder di Windows. Anda dapat menggunakan pintasan keyboard, mouse, melalui tombol perintah yang tersedia atau perpaduan antara menggunakan mouse dan keyboard. Menyeleksi file atau folder mungkin dianggap hal yang tidak sulit. Namun, dapat menyeleksi file dan folder dengan cepat akan menghemat waktu dan mempercepat ke proses selanjutnya dan apa yang Anda kerjakan lebih cepat selesai.

Baca artikel:

1. Menyeleksi semua file dan folder di sebuah folder.

Untuk menyeleksi semua file dan folder yang terdapat di dalam sebuah folder lain, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard CRTL+A. Alternatif lainnya, Anda menggunakan fitur berupa tombol Select di File Explorer. Di jendela File Explorer yang terbuka, pilih tab Home (1), klik tombol Select (2) dan kemudian pilih Select all (3).

Menyeleksi banyak file dan folder di Microsoft Windows

2. Menyeleksi banyak file atau folder berurutan.

Untuk menyeleksi banyak file atau folder berurutan, Anda dapat melakukannya dengan cara klik file atau folder pertama, tekan dan tahan tombol keyboard SHIFT dan kemudian klik file atau folder terakhir. Alternatif lainnya adalah dengan cara click and drag. Klik mouse, tetap tekan dan sambil menggerakkan (drag) ke arah file atau folder yang ingin diseleksi atau disorot.

Menyeleksi banyak file dan folder di Microsoft Windows

3. Menyeleksi banyak file atau folder tidak berurutan.

Untuk menyeleksi banyak file atau folder yang tidak berurutan, Anda dapat melakukannya dengan cara klik file atau folder pertama, tekan dan tahan tombol keyboard CRTL dan kemudian klik file atau folder lainnya yang ingin diseleksi atau disorot.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It