Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet khusus untuk pengolahan data teks dan angka. Lembar kerja Excel terdiri dari banyak baris dan kolom (grid). Dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, Excel banyak digunakan hanya untuk membuat atau menyusun data dalam bentuk tabel agar tersaji dengan lebih rapi dan mudah dibaca. Namun, kekuatan utama Excel terdapat pada formula dan fungsi.

Formula dan fungsi Excel lebih banyak digunakan oleh penguna Excel tingkat lanjut untuk mengolah data. Dari pengolah data yang ada, diperoleh informasi berupa data olahan. Penyajian informasi dalam bentuk data terkadang sulit dicerna atau dipahami oleh sebagian orang. Untuk hal ini, Excel mempunyai kemampuan menghasilkan grafik dari data yang ada.

Sebagian orang lebih bisa menerima atau menyerap informasi dalam bentuk lain seperti bagan atau grafik. Berbagi file Excel adalah cara yang biasa dilakukan. Namun, sebagaian orang mungkin lebih memerlukan hanya grafiknya saja, misalnya untuk keperluan presentasi atau kelengkapan dokumen di aplikasi Microsoft Office lainnya.

Baca artikel terkait:

Ada beberapa cara untuk mengambil atau mengekstrak hanya grafik yang ada di Excel. Anda dapat menggunakan teknik copy and paste as Picture. Cara ini dianggap paling mudah. Cara berikutnya adalah menyimpan file Excel sebagai file Webpage dan kemudian menyalin grafik di file tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya di Microsoft Excel 2016:

Baca artikel ini juga:

1. Menggunakan teknik Copy and paste as image.

Buka file atau dokumen Excel yang memiliki grafik berasal dari data tertentu. Klik kanan tepat di garis batas (boder) grafik dan kemudian pilih Copy.

Mengekstrak menggambil grafik di Microsoft Excel Sebagai gambar

Buka aplikasi Microsoft Office lainnya, misalnya Microsoft Word. Klik kanan di area kosong dokumen Word, di bagian Paste Options, pilih Picture.

Mengekstrak menggambil grafik di Microsoft Excel Sebagai gambar

Sekarang dapat dilihat, grafik dari file Microsoft Excel telah ditambahkan atau ditampilkan di dokumen Microsoft Word.

Mengekstrak menggambil grafik di Microsoft Excel Sebagai gambar

2. Menyimpan sebagai webpage.

Untuk menyimpan file atau dokumen Excel sebagai file webpage, klik menu File, pilih Save As dan kemudian klik Browse. Dari kotak dilaog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan (1), beri nama file (2), pilih Web Page (*.html;*.htm) sebagai tipe file penyimpanan (3), pastikan Anda memilih tombol radio Entire Workbook (4) dan kemudian klik tombol Save (5).

Mengekstrak menggambil grafik di Microsoft Excel Sebagai gambar

Jalankan File Explorer dan arahkan ke folder tempat menyimpan file webpage. Di folder ini, terdapat sebuah folder lagi dan file berekstensi .htm. Klik ganda pada folder tersebut untuk membuka file-file yang terdapat di dalamnya. Anda dapat melihat dua gambar grafik berekstensi .png. Anda dapat menyalin (copy) gambar grafik tersebut untuk digunakan lebih lanjut.

Mengekstrak menggambil grafik di Microsoft Excel Sebagai gambar

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It