Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

3 Cara Reset Keyboard Ke Pengaturan Default

Selain mouse, keyboard adalah satu dari perangkat input utama yang digunakan bersama dengan komputer. Karena itu, kita semua telah terbiasa dengan keyboard dan tata letak tombolnya. Ketika mengetik, seseorang mungkin perlu waktu kurang lebih lima detik untuk menemukan setiap tombol, namun juga ada yang nyaris tidak perlu melihat keyboard karena hafal tata letak tombol.

Sebuah keyboard memiliki pengaturan default. Pengaturan default keyboard ini akan hilang jika Anda, misalnya menginstal aplikasi yang dapat mengubah fungsi dari keyboard atau Anda menambahkan pintasan keyboard (keyboard shortcuts atau hotkeys) yang biasanya dilakukan pada keyboard modern untuk game.

Baca artikel:

Dengan telah banyaknya pintasan keyboard yang ditambahkan, muncul keinginan untuk menyetel ulang (reset) keyboard atau mengembalikan keyboard ke pengaturan default atau karena ada alasan lain, misalnya keyboard tidak berfungsi semestinya atau pintasan keyboard tertentu berhenti bekerja atau tidak berfungsi.

Menyetel ulang (reset) keyboard atau mengembalikan keyboard ke pengaturan default perlu dicoba dan mungkin saja dapat membantu. Di Microsoft Windows, ada beberapa cara untuk menyetel ulang keyboard atau mengembalikan keyboard ke pengaturan default:

1. Uninstall perangkat keyboard dan reboot.

Di Microsoft Windows, sudah tersedia tool atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola berbagai perangkat (devices) yang terinstal di komputer yaitu Device Manager. Melalui tool Device Manager, Anda dapat mengembalikan keyboard ke pengaturan default dengan cara uninstall dan kemudian reinstall atau update keyboard.

Buka atau jalankan tool Device Manager terlebih dahulu. Cara cepat untuk membuka atau menjalankan Device Manager adalah melalui menu WinX. Klik kanan mouse tepat di tombol Start Menu (1) dan kemudian pilih Device Manager (2).

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

Di jendela Device Manager yang muncul, klik anak panah kecil pada keyboards (1), pilih perangkat keyboard (2) dan kemudian klik ikon Uninstall device (3) yang ada di toolbar atas. Ketika muncul kotak dialog Uninstall Device, klik tombol Uninstall dan kemudian reboot komputer.

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

Buka atau jalankan kembali tool Device Manager, di jendela Device Manager yang muncul, klik ikon Scan for hardware changes. Ini akan menampilkan kembali perangkat keyboard sebelumnya.

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

Berikutnya, klik kembali anak panah kecil pada keyboards (1), pilih perangkat keyboard (2) dan kemudian lakukan pembaruan (update) driver keyboard dengan cara klik ikon Update device driver (3) yang ada di toolbar atas. Di jendela Update Drivers yang muncul, ikuti langkahnya untuk memperbarui driver keyboard.

Baca artikel:

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

2. Mengubah bahasa keyboard.

Cara lain menyetel ulang (reset) keyboard ke pengaturan default adalah dengan mengubah bahasa keyboard (keyboard language / layout). Di Windows 10, Anda dapat menambahkan satu atau lebih bahasa keyboard. Bahasa keyboard ini berfungsi untuk mengontrol karakter yang nampak di layar ketika Anda mengetik.

Pastikan Anda mengganti ke bahasa keyboard yang bisa Anda baca atau pahami. Ini hanya sementara karena setelah mengubah ke bahasa keyboard lain, Anda akan kembali ke bahasa keyboard aslinya. Untuk mengganti bahasa keyboard di Windows 10, Anda dapat menggunakan aplikasi Settings atau Windows Settings.

Buka atau jalankan aplikasi Settings terlebih dahulu. Cara paling mudah membuka aplikasi Settings di windows 10 adalah melalui pintasan keyboard Windows + I. Di jendela Windows Settings yang muncul, klik atau pilih Time & Language (Speech, region, date).

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

Di jendela Settings - Time & Language, di bilah kiri, klik Language (1). Bila diperhatikan, English (United State) adalah bahasa keyboard untuk saat ini (2) dan di bagian Preferred languages, bahasa tersebut berada diurutan pertama dalam daftar bahasa (3).

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

Di sini, bahasa keyboard akan diubah dari English (United State) ke English (Australia). Bila bahasa yang Anda inginkan tidak ada, Anda dapat menambahkan sendiri melalui tombol Add a language (1). Klik English (Australia) (2) sehingga muncul anak panah ke atas dan ke bawah. Klik anak panak ke atas (3) untuk menempatkan English (Australia) di posisi paling atas. Anda dapat melihat bahasa keyboard kini telah menjadi English (Australia).

Cara reset keyboard ke pengaturan (settings) default

Berikutnya, Anda masuk ke sleep mode Windows. Klik tombol Start Menu, klik ikon Power dan kemudian pilih atau klik Sleep. Aktifkan kembali Windows dengan menekan tombol keyboard mana saja, gunakan pintasan keyboard Windows + I untuk membuka aplikasi Settings kembali dan kemudian klik atau pilih Time & Language (Speech, region, date).

Sekarang, Anda dapat mengubah kembali bahasa keyboard ke awal yaitu English (United State) seperti cara di atas dan kemudian lakukan restart komputer untuk menerapkan perubahan.

3. Hard Reset.

Hard reset dapat menjadi alternatif lain untuk mengembalikan keyboard ke pengaturan default. Namun, setiap merek keyboard berbeda mungkin memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hard reset. Anda dapat mengunjungi website resmi produsen keyboard untuk mengetahui caranya atau meminta bantuan. Adapun, ini adalah panduan hard reset keyboard secara umum pada keyboard berkabel (wired keyboard):

  • Cabut keyboard dari komputer dan tunggu selama kurang lebih 30 detik.
  • Tekan dan tahan tombol (key) Esc sambil memasang kembali keyboard ke komputer.
  • Tetap tekan dan tahan tombol Esc sampai terlihat indikator pada keyboard mulai berkedip.
  • Cabut kembali keyboard dari komputer dan kemudian pasang lagi.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It