Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10
Menonaktifkan Keyboard Laptop

Tidak seperti PC atau komputer desktop, laptop sudah memiliki semua periferal yang diperlukan di dalamnya. Laptop menampung semua aksesori dasar yang diperlukan untuk mengoperasikan komputer seperti mouse, keyboard dan monitor. Laptop berukuran lebih kecil dan ringan dibanding PC, praktis dan mudah dibawa ke manapun. Ini adalah salah satu yang menjadikan laptop diminati sebagai perangkat komputasi utama oleh banyak orang.

Berbeda dengan PC atau komputer desktop, setiap periferal laptop tidak dapat dilepas secara tiba-tiba karena sudah terhubung. Anda tidak bisa melakukan penyesuaian atau mengganti periferal laptop yang bermasalah dengan mudah. Membuka casing laptop saja harus hati-hati dan perlu alat khusus, juga harus dimulai dari bagian tertentu dari casing terlebih dahulu. Periferal laptop umumnya juga sulit ditemukan di pasaran.

Sebagai contoh, ada periferal utama dari laptop Anda yang bermasalah, baik sebagian atau seluruhnya, misalnya keyboard. Anda tidak dapat menggunakan beberapa tombol keyboard (key) untuk mengetik huruf "A" dan "G" karena aus atau usang sehingga mempersulit pengetikan. Anda bisa saja menggunakan on-screen keyboard untuk pengetikan huruf "A" dan "G", namun ini juga akan merepotkan bila harus sering menggunakannya.

Ketika keyboard laptop bermasalah, Anda tidak bisa begitu saja mencopot atau melepas dan kemudian menggantinya dengan yang baru seperti pada PC atau komputer desktop. Untuk menghindari resiko kerusakan yang lebih luas lagi, Anda perlu membawa ke pusat layanan perbaikan (service center) terdekat dari brand laptop yang Anda gunakan atau ke layanan perbaikan lain yang terpercaya.

Untuk sementara waktu bila pengetikan harus tetap dilanjutkan dan tidak bisa ditunda, Anda dapat mengguna keyboard eksternal, baik yang wireless atau wired. Bila akhirnya Anda menggunakan keyboard eksternal sebagai pengganti, akan lebih baik bila Anda menonaktifkan (disable) keyboard bawaan laptop untuk menghindari penekanan tombol keyboard yang tidak disengaja untuk menghindari kesalahan pengetikan atau pemasukan data.

Di Microsoft Windows 10 atau Windows 11, Anda dapat menonaktifkan keyboard internal laptop dengan mudah. Sebelum menonaktifkan, pastikan terlebih dahulu bahwa keyboard eksternal sudah terhubung ke laptop dan berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan keyboard internal laptop di Microsoft Windows 10:

1. Melalui Device Manager.

Buka Device Manager Windows 10 terlebih dahulu. Salah satu cara untuk membukanya adalah melalui kotak dialog Run. Gunakan pintasan keyboard Windows + R, di kotak dialog Run yang terbuka, ketik devmgmt.msc (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter untuk membuka Device Manager.

Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10

Dari daftar perangkat yang muncul, cari atau temukan keyboard dan kemudian klik anak panah pada Keyboards (1) untuk menampilkan daftar keyboard yang sekarang terkoneksi ke laptop, termasuk keyboard internal laptop. Klik kanan pada keyboard internal (2) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Disable device (3). Di kotak dialog konfirmasi yang muncul, klik tombol Yes.

Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10

Jika Anda tidak melihat opsi Disable device di menu pintas, klik atau pilih Uninstall device. Di kotak dialog yang muncul kemudian, klik tombol Uninstall. Jika Anda harus memilih Uninstall, keyboard akan secara otomatis terdeteksi dan diinstal ulang jika Device Manager memindai perangkat keras baru karena beberapa alasan. Jika hal ini yang terjadi, Anda perlu mengulangi prosedur ini lagi untuk uninstall.

Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10

2. Melalui Command Prompt.

Cara lain untuk menonaktifkan keyboard internal laptop adalah melalui Command Prompt dengan hak akses administrator (run as an administrator). Untuk membuka Command Prompt di Windows 10 dengan hak akses administrator, Anda bisa memulai melalui pintasan keyboard Win + R, di kotak dialog Run yang muncul, ketik perintah cmd dan kemudian gunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak akses administrator.

Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10

Di jendela Command Prompt yang muncul, Anda ketik perintah sc config i8042prt start= disabled dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Anda perlu melakukan restart laptop dan setelahnya, keyboard internal laptop seharusnya tidak bekerja.

Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10

Jika suatu saat nanti Anda ingin mengaktifkan kembali keyboard internal laptop, gunakan perintah sc config i8042prt start= auto dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Karena keyboard internal laptop masih dalam keadaan nonaktif, gunakan tombol Enter pada on-screen keyboard atau keyboard eksternal yang sudah Anda koneksikan sebelumnya.

Menonaktifkan keyboard laptop Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It