Ketika Anda mengunduh (download) file dari internet menggunakan browser, secara otomatis file tersebut akan diletakkan di folder Downloads. Folder Downloads adalah lokasi file unduhan default untuk Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Kecenderungannya, Anda menggunakan file unduhan hanya sekali atau dua kali. Setelah itu, Anda membiarkan begitu saja di folder Downloads tanpa menghapus file yang sudah tidak digunakan tersebut.

Jika Anda sering mengunduh file dari internet, file akan terus menumpuk di folder Downloads dan menggerus banyak ruang penyimpanan hard drive komputer. Seharusnya, file tidak terpakai yang ada di folder Downloads ini dihapus untuk menghemat ruang penyimpanan yang ada. Dengan demikian, ruang penyimpanan hard drive tidak terpakai percuma untuk file yang sudah tidak digunakan lagi.

Microsoft, dimulai dari Windows 10 Creators Update, telah menambahkan Storage Sense yaitu fitur cerdas untuk menghapus secara otomatis file-file sementara (temporary files) dan juga file yang terdapat di Recycle Bin lebih dari 30 hari. Fitur ini berguna karena umumnya pengguna Windows lupa menghapus file-file tersebut atau mungkin tidak tahu bagaimana menghapus file sementara tersebut.

Di Windows 10 Fall Creators Update, Microsoft kembali melakukan peningkatan fitur Storage Sense dengan menambahkan opsi menghapus file yang ada di folder Downloads. Sebagaimana penghapusan file di Recycle Bin, file yang terdapat di folder Downloas juga akan dihapus bila lebih dari 30 hari tanpa perubahan. Untuk bisa menghapus file di folder Downloads secara otomatis, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Klik tombol Start (1) yang ada di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings (2) untuk membuka jendela Windows Settings. Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard dengan menggunakan kombinasi tombol Win+I.

Menghapus file di folder Downloads Windows 10 secara otomatis

Di jendela Windows Settings yang muncul, klik System (Display, notifications, power).

Menghapus file di folder Downloads Windows 10 secara otomatis

Di jendela Settings - System yang muncul, pilih Storage (1), kemudian rubah nilai Toggle button yang ada di bagian Storage sense dari Off menjadi On (2) dan selanjutnya klik tautan (link) Change how we free up space (3).

Menghapus file di folder Downloads Windows 10 secara otomatis

Di jendela berikutnya yang muncul, di bagian Temporary Files, Anda dapat memperhatikan dua kotak centang (check box) pertama sudah dicentang. Sedangkan untuk menghapus file yang ada di folder Downloads yang tidak mengalami perubahan selama 30 hari, beri tanda centang di kotak centang berlabel Delete files in the Downloads folder hat haven't changed in 30 days.

Menghapus file di folder Downloads Windows 10 secara otomatis

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner