Menaampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard virtual) di Windows 10

6 Cara Menampilkan Atau Membuka On-Screen Keyboard (Keyboard Virtual) Di Windows 10

Keyboard adalah perangkat input utama untuk desktop (PC) atau laptop. Dengan keyboard, Anda dapat memasukkan angka, huruf dan berbagai simbol ke dalam komputer. Keyboard di desktop atau laptop adalah jenis keyboard fisik dan eksternal. Microsoft Windows juga memiliki tool bawaan yang berfungsi sebagai keyboard dan disebut dengan keyboard virtual atau on-screen keyboard (OSK).

Untuk menggunakan keyboard virtual atau on-screen keyboard, layar desktop atau laptop tidak harus memiliki teknologi layar sentuh (touchscreen). Keyboard virtual atau on-screen keyboard merupakan tool grafis yang menampilkan keyboard secara visual. Untuk mengoperasikannya, Anda dapat menggunakan mouse atau perangkat penunjuk (pointing device) lainnya.

Baca artikel Membuka Atau Menggunakan Touch Keyboard Di Windows 10

Sebagai komponen elektronik, keyboard fisik yang terhubung ke desktop atau yang melekat di laptop juga bisa bermasalah. Satu atau lebih tombol di keyboard tidak berfungsi atau tidak beroperasi semestinya atau bahkan tidak berfungsi total. Bila demikian, Anda dapat menggunakan keyboard virtual atau on-screen keyboard (OSK) untuk sementara waktu sampai Anda memiliki keyboard fisik pengganti.

Baca artikel:

Untuk menggunakan keyboard virtual atau on-screen keyboard, Anda perlu menampilkan atau membuka terlebih dahulu di layar komputer. Di Microsoft Windows 10, ada beberapa cara untuk menampilkan keyboard virtual atau on-screen keyboard. Berikut ini adalah 6 cara menampilkan atau membuka keyboard virtual atau on-screen keyboard di Windows 10.

1. Melalui kotak dialog Run.

Untuk menampilkan atau membuka keyboard virtual atau on-screen keyboard melalui kotak dialog Run, gunakan pintasan keyboard Win+R, di kotak dialog Run yang terbuka, di kotak teks Open, ketik osk (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Menampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard) virtual di Windows 10

2. Melalui Ease of Access di Windows Settings.

Keyboard virtual atau on-screen keyboard juga dapat ditampilkan atau dibuka melalui Ease of Access dari Windows Settings. Klik tombol Start Menu, klik Settings dan kemudian klik Ease of Access (Narator, magnifier, high contrast). Bila keyboard fisik desktop atau laptop tidak sedang bermasalah, gunakan pintasan keyboard Win+U.

Di jendela Settings - Ease of Access, di bilah sebelah kiri, klik Keyboard (1) dan di bilah sebelah kanan, rubah nila switch button Use the On-Screen Keyboard dari Off menjadi On (2).

Menampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard) virtual di Windows 10

3. Melalui kotak pencarian di taskbar Windows.

Untuk menampilkan atau membuka keyboard virtual atau on-screen keyboard melalui kotak pencarian (search box) di taskbar Windows, klik ikon pencarian yang ada di taskbar (1), di kotak teks pencarian, ketik on-screen keyboard (2) untuk menampilkan hasil pencarian on-screen keyboard dan kemudian klik Open (3).

Menampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard) virtual di Windows 10

4. Menggunakan Command Prompt atau Windows PowerShell.

Command Prompt adalah aplikasi penterjemah baris perintah yang powerfull bawaan Microsoft Windows. Untuk menampilkan atau membuka keyboard virtual atau on-screen keyboard (OSK), buka atau jalankan Command Prompt, ketik osk dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard) virtual di Windows 10

5. Melalui tombol Start Menu.

Keyboard virtual atau on-screen keyboard (OSK) juga dapat ditampilkan atau dibuka melalui kelompok program Windows Ease of Access dari Start Menu. Klik tombol Start Menu (1), gulung daftar atau kelompok program ke bawah, klik kelompok program Windows Ease of Access (2) dan kemudian klik On-Screen Keyboard (3).

Menampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard) virtual di Windows 10

6. Melalui Control Panel.

Microsoft secara perlahan namun pasti telah mengalihkan penggunaan Control Panel ke Windows Settings. Beberapa akses mudah ke Control Panel mulai dihilangkan. Microsoft secara bertahap melakukan upgrade sebagian sistem Microsoft Windows 10 untuk menjadi lebih universal yang berbasis pada Universal Windows Platform (UWP).

Baca artikel File Explorer Berbasis Universal Windows Platform Di Windows 10

Namun, beberapa akses ke Control Panel masih bisa dilakukan, salah satunya melalui kotak dialog Run. Untuk menampilkan atau membuka keyboard virtual atau on-screen keyboard melalui Control Panel, gunakan pintasan keyboard Win+R untuk membuka kotak dialog Run, di kotak teks Open, ketik control panel dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter.

Di jendela Control Panel yang terbuka, klik Ease of Access, kemudian klik Ease of Access Centre dan selanjutnya klik Start On-Screen Keyboard.

Menampilkan atau membuka on-screen keyboard (keyboard) virtual di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It