Microsoft Windows adalah sistem operasi populer buatan Microsoft. Sampai saat ini, Microsoft Windows memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Microsoft Windows mendukung berbagai tipe file. File di Microsoft Windows bisa terdiri dari file sistem, file program yang telah diinstal atau file yang Anda buat menggunakan program tertentu seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop dan lain sebagainya. File disimpan untuk digunakan kembali pada saatnya.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa setiap file di Mirosoft Windows juga menyimpan serangkaian informasi yang disebut dengan metadata. Metadata ini berisi informasi yang terkait dengan file yang disimpan. Setiap tipe file berbeda bisa memiliki metadata yang berbeda pula. Metadata file bisa berupa author, tanggal dibuat, tanggal disimpan, tanggal dimodifikasi, tanggal diakses, ukuran, dimensi, tipe dan sebagainya.

Baca artikel Cara Menghapus Metadata Sebuah File Di Microsoft Windows

Di Microsoft Windows, Anda dapat merubah, menambah atau menghapus informasi metadata yang tersimpan. Banyak informasi yang bisa diedit, namun tidak sedikit juga yang bersifat tetap (tidak dapat diedit). Anda dapat mengedit metadata dengan mudah di Microsoft Windows tanpa perlu lagi aplikasi dari pihak ketiga (third-party apps). Berikut ini adalah cara mengedit metadata file gambar di Microsoft Windows.

Untuk mengakses metadata file gambar, klik kanan pada gambar untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Properties.

Cara edit metadata file gambar di Microsoft Windows

Di kotak dialog Properties yang muncul, klik tab Details (1) untuk melihat metadata yang tersimpan. Anda dapat menambah, merubah atau menghapus nilai informasi yang tersimpan dengan mengkik di bagian kolom Value yang sebaris dengan label yang nilainya akan diedit, contohnya label Title (2). Anda dapat melakukan cara yang sama untuk mengedit nilai informasi dari label lain.

Cara edit metadata file gambar di Microsoft Windows

Anda juga dapat memberi peringkat pada file gambar dengan mengklik salah satu bintang dari lima bitang yang ada.

Cara edit metadata file gambar di Microsoft Windows

Di kelompok Origin, Program name adalah property yang nilainya tidak dapat dirubah.

Cara edit metadata file gambar di Microsoft Windows

Semua nilai properties di kelompok Image ID (1) tidak dapat diedit. Bila Anda sudah meraca cukup mengedit metadata, Anda dapat menyimpan dengan mengklik tombol OK (2)

Cara edit metadata file gambar di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It