Di bulan Oktober 2018, Microsoft kembali merilis update utama untuk sistem operasi Windows 10 dari versi 1803 ke versi 1809. Windows 10 versi 1809 membawa banyak fitur baru dan peningkatan. Salah satu fitur baru yang dibawa adalah mode tema gelap (dark theme mode) untuk Windows File Explorer. Sebagaimana kita tahu, File Explorer sebelum ini tetap dengan tema lama berwarna putih.

Sebenarnya, Windows 10 juga telah memberlakukan mode tema gelap untuk beberapa aplikasi modernnya seperti Windows Settings, Groove Music, Microsoft Edge, Microsoft Store, Photos app dan juga Movies & TV app. Selain itu, sebelum rilisnya Windows 10, juga sudah ada mode tema gelap bawaan yaitu high contrast, fitur aksesibilitas yang dirancang untuk meningkatkan kontras namun kurang nyaman untuk mata.

Baca artikel terkait:

Mode tema gelap memberikan rasa nyaman di mata ketika digunakan di malah hari. Mode tema gelap ini dapat mengurangi silau pada mata sehingga mata tidak cepat pedih ketika melihat layar komputer. Menggunakan mode tema gelap juga mengurangi konsumsi daya dan meningkatkan masa pakai baterai. Ini adalah beberapa alasan mengapa banyak aplikasi modern menyediakan mode tema gelap.

Artikel menarik lainnya:

Untuk mengaktifkan mode tema gelap pada File Explorer, Anda dapat melakukan melaui Windows Settings. Namun perubahan ke tema gelap ini tidak hanya terjadi pada File Explorer saja, beberapa aplikasi Windows lainnya seperti Microsoft Store, Windows Settings juga akan menggunakan tema gelap tersebut secara otomatis. Berikut ini cara mengaktifkan mode tema gelap untuk Windows File Explorer:

Klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings. Di jendela Setting yang muncul, pilih Personalisation (Background, lock screen, colours).

Mengaktifkan mode tema gelap (dark theme mode) Windows File Explorer

Di jendela Settings - Personalisation, pastikan Anda mengklik tab Colours (1) dan kemudian klik tombol radio (radio button) Dark (2). Seketika itu, jendela Settings juga menggunakan mode tema gelap.

Mengaktifkan mode tema gelap (dark theme mode) Windows File Explorer

Sekarang buka Windows File Explorer yang kini sudah menggunakan mode tema gelap.

Mengaktifkan mode tema gelap (dark theme mode) Windows File Explorer

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner