6 Cara Membuka Atau Mengakses Character Map Di Windows 10

Ketika membuat dokumen Microsoft Word, secara umum, semua karakter dan angka yang diperlukan telah tersedia di keyboard. Bila keyboard atau beberapa key (tombol) rusak dan tidak dapat digunakan, Anda dapat menggunakan on-screen keyboard atau touch keyboard sebagai penggani sementara. Baik keyboard fisik, on-screen keyboard atau touch keyboard menyediakan karakter dan angka yang diperlukan untuk membuat dokumen.

Situasinya akan berbeda ketika Anda membuat dokumen spesifik. Dokumen yang demikian umumnya memerlukan satu atau lebih simbol atau karater khusus. Namun, simbol atau karakter khusus seperti Copyright ©, Registered ®, Trademark ™, simbol mata uang (¥, £, ¢) dan lain sebagainya tidak tersedia di keyboard. Perlu ada cara lain untuk menambahkan simbol atau karakter khusus ke dalam dokumen.

Baca artikel:

Salah satu cara menambahkan simbol atau karakter khusus ke dalam dokumen adalah dengan menyisipkan simbol atau karakter khusus yang diperlukan dari Character Map. Lalu, apa Character Map itu? Character Map adalah utilitas bawaan (built-in) Microsoft Windows yang menampilkan semua karakter dan unicode dari setiap font yang terinstal. Anda perlu pahami di sini bahwa simbol dan karakter khusus adalah juga karakter.

Baca artikel:

Dengan Character Map, Anda dapat menyisipkan simbol atau karakter khusus yang memang diperlukan ke dalam dokumen. Cara untuk menyisipkan simbol atau karakter khusus dari Character Map ke dalam dokumen tidak sulit. Pertama, samakan font dokumen dengan font simbol atau karakter khusus (1), pilih simbol atau karakter khusus (2), klik tombol Select (3), klik tombol Copy (4) dan kemudian tempel (paste) ke dokumen.

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10

Untuk menyisipkan simbol atau karakter khusus dari Character Map ke dalam dokumen, Anda perlu membuka atau mengakses Character Map terlebih dahulu. Ada beberapa cara berbeda untuk membuka atau mengakses Character Map di Windows. Berikut ini adalah 6 cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10:

1. Melalui pencarian di taskbar.

Untuk membuka atau mengakses Character Map melalui pencarian, klik ikon pencarian (1) yang ada di posisi kiri dari taskbar atau dekat dengan tombol Start Menu, ketik "Character Map" (2) dan kemudian klik tombol Open (3).

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10

2. Melalui Windows Accessories di Start Menu.

Character Map juga dapat dibuka atau diakses melalui kelompok program Windows Accessories di Start Menu. Klik Start menu (1), gulung ke atas dan klik kelompok program Windows Accessories (2) dan kemudian klik Character Map (3).

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10

3. Melalui kotak dialog Run.

Anda juga dapat membuka atau mengakses Character Map melalui kotak dialog Run. Gunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, ketik "charmap" (1) di kotak teks Open dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan key (tombol) Enter.

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10

4. Melalui Command Prompt.

Untuk membuka atau mengakses Character Map melalui Command Prompt, jalankan atau buka Command Prompt terlebih dahulu, ketik "charmap" dan kemudian tekan key atau tombol Enter.

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10

5. Melalui Windows PowerShell.

Untuk membuka atau mengakses Character Map melalui Windows PowerShell, buka atau jalankan terlebih dahulu Windows PowerShell. Cara cepat membuka atau menjalankan Windows PowerShell adalah melalui WinX Menu. Klik kanan Start Menu dan kemudian pilih Windows PowerShell. Namun, bila Anda mendapati Command Prompt, Anda perlu mengatur untuk mengganti Command Prompt dengan Windows PowerShell.

Di jendela Windows PowerShell yang terbuka, ketik "charmap" dan kemudian tekan key atau tombol Enter.

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10

6. Melalui folder Fonts.

Character Map juga dapat dibuka atau diakses melalui folder Fonts. Caranya adalah buka atau jalankan File Explorer terlebih dahulu, navigasi ke Local Disk (C:) > Windows > Fonts dan kemudian klik atau pilih Find a character.

Cara membuka atau mengakses Character Map di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It