PDF adalah format file yang dibuat oleh Adobe System dan kemudian menjadi format file standar terbuka. Format PDF memiliki keunggulan dibandingkan dengan format dokumen lainnya yaitu tidak bergantung pada software, hardware atau sistem operasi. Artinya, tata letak (layout) dan konten PDF tidak akan mengalami perubahan ketika dibuka dengan software, hardware atau sistem operasi berbeda.

Karena kelebihannya ini, banyak dokumen atau naskah menggunakan format PDF. PDF juga menjadi format pilihan untuk penyimpanan dokumen final secara digital. Ketika Anda mencari dokumen atau naskah di internet, tidak menutup kemungkinan juga akan menemukan dalam format PDF. Kepopuleran format PDF terus meningkat. Banyak aplikasi PDF terus bermunculan, baik yang bersifat gratis maupun yang komersial.

Pernahkah Anda mengalami kendala ketika mendapatkan dokumen atau naskah yang dicari dalam format PDF sedangkan Anda mengharapkan format lain misalnya DOCX Microsoft Word. Anda mungkin hanya perlu bagian tertentu dari dokumen PDF yang diperoleh, tidak keseluruhan. Bila Anda tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan bagian tertentu saja dari dokumen PDF dalam format DOCX Microsoft Word, ini bisa menjadi masalah yang dianggap besar oleh Anda.

Adobe Acrobat adalah aplikasi khusus PDF yang juga dibuat oleh Adobe System. Adobe Acrobat merupakan aplikasi komersial terbaik yang ada sampai saat ini. Adobe Acrobat digunakan untuk melihat, membuat, mencetak, memanipulasi dan mengelola file format PDF. Adobe Acrobat bisa menjadi solusi masalah Anda di atas. Dengan Adobe Acrobat, Anda dapat mengekspor atau mengkonversi bagian tertentu dokumen PDF ke format DOCX Microsoft Word. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Adobe Acrobat dan kemudian buka dokumen PDF. Sorot atau seleksi bagian tertentu dokumen PDF yang akan dikonversi atau diekspor ke DOCX Microsoft Word. Untuk menyorot atau menyeleksi ke halaman berikutnya, tekan tombol keyboard SHIF, gulung ke halaman yang dituju dan kemudian klik di akhir bagian dokumen yang ingin disorot atau diseleksi (1). Klik kanan mouse tepat di area yang diseleksi dan kemudian pilih Export Selection As... (2).

Mengekspor atau mengkonversi bagian tertentu PDF ke Microsoft Word

Catatan: Bila Anda mendapatkan dokumen PDF hasil dari proses scan atau hasil konversi file image dengan format jpg atau png (image-based PDF), Adobe Acrobat akan otomatis mengkonversi terlebih dahulu ke teks atau image yang bisa diedit, bila tidak, Anda bisa melakukan konversi secara manual (baca artikel Cara Membuat Konten PDF Dapat Dicari (Searchable) Dengan Adobe Acrobat).

Di kotak dialog Export Selection As yang muncul, tentukan direktori atau folder penyimpanan (1), beri nama file untuk hasil ekspor atau konversi (2), secara standar Adobe Acrobat akan menyimpan sebagai file Microsoft Word (3) dan kemudian tekan tombol Save (4).

Mengekspor atau mengkonversi bagian tertentu PDF ke Microsoft Word

Berikut ini adalah hasil ekspor atau konversi ketika dibuka menggunakan aplikasi Microsoft Word. Karena aplikasi Microsoft Word bergantung pada software, hardware dan sistem operasi, tata letak (layout) dan format mungkin akan sedikit berbeda, tidak sama persis seperti di PDF.

Mengekspor atau mengkonversi bagian tertentu PDF ke Microsoft Word

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It