PDF adalah format file yang dibuat oleh Adobe System yang kemudian menjadi format file standar terbuka. Berbeda dengan format dokumen lainnya seperti Microsoft Word, layout dan tampilan PDF tidak berubah meskipun dibuka menggunakan software, hardware dan sistem operasi berbeda. Format PDF tidak tergantung pada software, hardware maupun sistem operasi tertentu.

Format PDF dibuat untuk mempertahankan dan memproteksi layout (tata letak) dan konten agar sulit berubah. Karena kelebihannya, banyak dokumen atau naskah final menggunakan format ini. Anda pun dapat dengan mudah menemukan dokumen atau naskah free di internet dalam format PDF. Format PDF sulit dirubah (diedit) tanpa bantuan software khusus PDF dan juga tidak semua software PDF dapat digunakan untuk mengedit format PDF.

Software PDF dibagi menjadi beberapa kategori yaitu conventer, editor, creator dan development library. Salah satu software PDF komersial terbaik dan masuk ke dalam semua kategori tersebut adalah Adobe Acrobat yang juga dibuat oleh Adobe System. Meskipun banyak software PDF gratis maupun komersial dengan harga terjangkau, namun Adobe Acrobat tetap mempunyai kelangkapan dan kemampuan fungsi jauh lebih baik.

Sebagaimana sebuah dokumen pada umumnya, terkadang ada bagian tertentu dari dokumen yang perlu diformat, misalnya merubah warna, menebalkan, mencetak miring atau memberi garis bawah teks agar lebih menarik atau menonjol. Dengan diberi format, seseorang akan memberi perhatian atau fokus lebih pada teks tersebut.

Melakukan pemformatan di dokumen Microsoft Word tentu bukan hal yang sulit mengingat aplikasi pengolah kata ini sudah sangat familiar dan umum digunakan. Namun Anda juga akan menemukan kemudahan ketika memformat teks di dokumen PDF menggunakan aplikasi Adobe Acrobat. Berikut ini adalah cara memformat teks di dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat Pro DC:

Jalankan terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat, kemudian buka dokumen PDF yang akan diedit. Di jendela Tools sebelah kanan, pilih atau klik Edit PDF.

Memformat teks di dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat

Toolbar Edit PDF akan muncul di bagian atas dokumen PDF (1) dan jendela Format akan muncul di area sebelah kanan dengan semua tombol dalam keadaan tidak aktif (2).

Memformat teks di dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat

Untuk memformat teks di dokumen PDF yang terbuka, sorot atau blok teks yang akan diformat (1), beberapa format teks yang diberlakukan di sini adalah merubah warna teks (2), menebalkan teks (3), merubah ke teks miring (4) dan juga memberi garis bawah (5). Bila pemformatan teks dianggap cukup, klik tombol Save (6) dan kemudian tutup toolbar Edit PDF (7).

Memformat teks di dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat

Pemformatan teks di dokumen PDF selesai dan hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Memformat teks di dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat

Bila Anda mendapatkan dokumen PDF hasil dari proses scan atau hasil konversi file image dengan format jpg atau png (image-based PDF), Adobe Acrobat akan otomatis mengkonversi terlebih dahulu ke teks atau image yang bisa diedit, bila tidak, Anda bisa melakukan konversi secara manual (baca artikel Cara Membuat Konten PDF Dapat Dicari (Searchable) Dengan Adobe Acrobat).

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It