Setiap perangkat jaringan yang terkoneksi atau menjadi bagian jaringan komputer minimal memiliki satu nomor atau kode identifikasi hardware unik yang dikenal dengan MAC (Media Access Control) address. Bila perangkat jaringan memiliki lebih dari satu network adapter atau koneksi LAN, misalnya PC atau laptop memiliki LAN Card dan Wireless LAN Adapter, masing-masing network adapter memiliki MAC address berbeda.

MAC address digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat jaringan yang ada di dalam jaringan komputer. MAC address diberikan oleh pabrikan perangkat dan secara virtual melekat pada network adapter dari perangkat jaringan tersebut. MAC address tidak berubah atau tetap sama. Merubah MAC address bukan hal yang perlu untuk dilakukan. Namun untuk alasan tertentu, MAC address dimungkinkan untuk dirubah dari sisi software.

Merubah MAC address disebut juga dengan MAC spoofing. Ada alasan tertentu seseorang merubah MAC address. Perangkat jaringan diidentifikasi berdasarkan MAC address. Setiap pengguna tentu tidak ingin ada transparansi ini di internet. Untuk melindungi privasi di jaringan publik, MAC address perlu dirubah. Melalui MAC address, jaringan dapat melacak, membatasi atau membolehkan akses perangkat jaringan. Perubahan MAC address juga bisa digunakan untuk menghindari pembatasan akses atau berlakunya aturan keamanan tertentu.

Baca artikel:

Sebelum merubah MAC address, Anda perlu mengetahui nilai yang Anda ingin digunakan untuk MAC address tersebut. Anda juga perlu mengingat bahwa ketika merubah MAC address di Windows, MAC address baru menjadi aktif setelah Anda melakukan restart LAN card atau Wireless LAN Adapter. Anda dapat melakukan restart dengan cara menonaktifkan dan mengaktifkan kembali atau dengan melakukan restrat komputer.

Bila Anda pengguna Microsoft Windows, Windows membolehkan Anda merubah MAC address LAN card atau Wireless LAN Adapter. Ada beberapa cara merubah MAC address, salah satunya yang termudah adalah melalui Device Manager. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan atau buka kotak dialog Run menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows+R, ketik devmgmt.msc (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter atau klik tombol OK (2).

Cara merubah MAC address di Windows 10

Di jendela Device Manager yang muncul, klik Network adapter (1), kemudian klik kanan mouse pada LAN card atau Wireless LAN Adapter yang MAC address ingin dirubah (2) untuk menampilkan menu pintas (shorcut menus) dan selanjutnya pilih Properies (3).

Cara merubah MAC address di Windows 10

Di kotak dialog nama LAN card atau Wireless LAN Adapter yang muncul, pastikan Anda telah berada di tab Advanced (1), di bagian Property, pilih Network Address (2), di bagian Value, masukkan nilai heksadesimal untuk MAC address pengganti (3) dan kemudian klik tombol OK (4) untuk menyimpan perubahan.

Cara merubah MAC address di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It