Mengkonversi format PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro
Cara Mengkonversi Format PDF Ke JPEG Dengan Adobe Acrobat Pro

PDF (Portable Document Format) adalah format file serbaguna yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Format file PDF memberi Anda cara mudah dan andal untuk menyajikan dan bertukar dokumen, terlapas dari perangkat perangkat keras (hardware), lunak (software), dan sistem operasi yang digunakan untuk melihat dokumen PDF.

Kini, format file PDF sudah menjadi format sumber terbuka (open source) yang dikelola oleh International Organization for Standardization (ISO). Dengan demikian, siapapun dapat membuat, mendistribusikan, menggunakan, atau menjual dokumen PDF dan juga software untuk membuat dokumen PDF.

PDF telah menjadi salah satu format dokumen populer. Sebagaimana dokumen Microsoft Word (DOC atau DOCX) yang sudah banyak dikenal, dokumen PDF juga dapat berisi link, tombol, form, audio, dan juga video. Anda dapat menambahkan password pada dokumen PDF, menghilangkan atau menyembunyikan (redact) konten sensitif, serta mencari dan menghapus data tersembunyi.

Meskipun PDF adalah format file serbaguna, namun tetap tidak untuk semua hal. Anda tidak bisa menampilkan dokumen PDF di halaman website seperti menampilkan file gambar. Tidak semua platform website mendukung format PDF sehingga untuk menampilkan dokumen PDF di halaman website, perlu dikonversi ke format yang dapat diterima website, misalnya format gambar JPEG.

Mengkonversi file PDF ke file gambar JPEG adalah hal yang umum, terutama jika Anda menggunakan halaman atau gambar tertentu dari PDF untuk maksud lain. Bila Anda sudah memiliki aplikasi Adobe Acrobat terinstal di komputer, Anda dapat langsung mengkonversi file PDF ke file gambar JPEG.

Sebagai contoh, Anda ingin mempromosikan sebuah buku bahasa pemrograman Java melalui website dengan menampilkan gambar sampul. Di dokumen PDF naskah buku, sampul buku berada di halaman 1. Anda perlu untuk mengkonversi halaman sampul berformat PDF ke format gambar JPEG agar dapat dengan mudah ditampilkan di halaman website.

Dengan menggunakan Adobe Acrobat, Anda dapat menentukan halaman tertentu dari dokumen PDF yang ingin dikonversi ke format JPEG. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan aplikasi Adobe Acrobat Pro terlebih dahulu, buka dokumen PDF naskah buku bahasa pemrograman Java, di panel sebelah kiri, klik tombol Page Thumbnails.

Mengkonversi PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro

Klik kanan (righ click) pada thumbnail pertama (1) yang merupakan sampul konsep buku bahasa pemrograman Java, dari menu pintas (shortcut menu) yang muncul, klik menu Extract Pages... (2).

Mengkonversi PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro

Di kotak dialog Extract Pages yang muncul, pastikan kotak teks (text box) From dan To berisi nilai 1 (1) karena hanya thumbnail pertama (halaman sampul) yang akan dikonversi ke format JPEG dan kemudian klik tombol OK (2).

Mengkonversi PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro

Anda dapat melihat di bagian atas, halaman sampul yang dipilih telah dibuka di tab baru (1), kemudian di panel sebelah kanan, klik tombol Export PDF (2).

Mengkonversi PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro

Di jendela Export PDF yang muncul, klik atau pilih Image (1), kemudian klik JPEG (2), dan selanjutnya klik tombol Export (3).

Mengkonversi PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder tempat menyompanan (1), beri nama file hasil konversi (2), dan kemudian klik tombol Save (3). Proses konversi halaman sampul berformat PDF ke format gambar JPEG telah selesai.

Mengkonversi PDF ke JPEG dengan Adobe Acrobat Pro
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It