Cara Membersihkan Thumbnail Cache Di Microsoft Windows 10

Ketika membuka folder, Anda akan melihat tampilan gambar kecil dari folder, dokumen, gambar atau video di komputer. Tampilan gambar kecil ini disebut dengan thumbnail. Thumbnail adalah representasi gambar kecil dari gambar yang lebih besar. Thumbnail digunakan untuk menampilkan pratinjau file atau memberi Anda gambaran sekilas dari konten folder atau file sebelum membukanya.

Microsoft Windows menyimpan thumbnail cache di cache database. Cache database dari thumbnail cache di Microsoft Windows 7 adalah thumbs.db, sedangkan di Microsoft Windows 8 dan versi Windows di atasnya adalah thumbcache_xxx.db. Secara default, cache database ini tersembunyi (hidden) kecuali Anda telah mengubah pengaturan dengan menampilkan file dan folder tersembunyi di Windows.

Baca artikel Menavigasi Halaman Dokumen Microsoft Word Dengan Thumbnail

Seiring waktu, thumbnail akan terus tumbuh selama Anda membuat folder dan file baru. Terkadang, Anda akan mendapati thumbnail tidak ditampilkan dengan benar. Hal ini bisa disebabkan karena cache database mengalami corrupt. Beberapa file mungkin tidak bisa menampilkan thumbnail atau thumbnail ditampilkan dengan warna abu-abu (grayscale) meskipun gambar yang sebenarnya adalah berwarna.

Baca artikel Membersihkan Dan Menyetel Ulang Cache Windows Store Di Windows 10

Masalah pada thumbnail seperti ini dapat diperbaiki dengan cara membersihkan thumbnail cache. Membersihkan thumbnail cache tidak menyebabkan masalah pada Windows karena thumbnail akan dibuat kembali secara otomatis. Bila Anda mengalami masalah pada thumbnail saat membuka folder, berikut ini adalah cara untuk membersihkan thumbnail cache di Microsoft Windows 10.

Buka kotak dialog Run melalui pintasan keyboard (keyyboard shortcut) Win + R, di kotak dialog Run yang muncul, ketik cleanmgr.exe (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara membersihkan thumbnail cache di Microsoft Windows 10

Di kotak dialog Disk Cleanup: Drive Selection yang muncul, pastikan drive letter (C:) dipilih (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara membersihkan thumbnail cache di Microsoft Windows 10

Di kotak dialog Disk Cleanup for (C:), di daftar file untuk dihapus, hilangkan semua tanda centang dari kotak centang (check box) kecuali untuk Thumbnails (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara membersihkan thumbnail cache di Microsoft Windows 10

Di kotak dialog Disk Cleanup untuk konfirmasi penghapusan file, klik tombol Delete Files untuk menghapus thumbnail cache. Untuk memastikan bahwa tidak ada masalah lagi pada thumbnail, matikan (logoff) Microsoft Windows dan kemudian login kembali.

Cara membersihkan thumbnail cache di Microsoft Windows 10

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It