Merubah versi PHP di WampServer

Website atau aplikasi web mempunyai perbedaan mendasar dengan aplikasi dekstop. Website atau aplikasi web memerlukan server khusus yang disebut dengan web server. Untuk menjalankan atau membuka website atau aplikasi web, juga diperlukan program client yang disebut dengan web browser (peramban). Umumnya, orang akan membuat dan mengembangkan website atau aplikasi web di web server lokal (localhost) sebelum benar-benar siap dipindahkan ke server web hosting untuk online.

Anda bisa membuat web server lokal di PC atau laptop yang Anda miliki. Bila Anda ingin membuat website atau aplikasi web berbasis bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, Anda dapat membuat web server lokal yang terdiri dari Apache HTTP Server, PHP, MySQL plus phpMyAdmin. Anda bisa menginstal masing-masing software tersebut dan mengkonfigurasinya untuk bisa bekerja bersama.

Baca artikel terkait:

Mengkonfigurasi Apache HTTP Server, PHP, MySQL dan juga phpMyAdmin bukan hal yang mudah, dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang baik. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan web application stack seperti LAMP, XAMPP, WAMP, WampServer dan AMPPS untuk membuat web server local. Salah satu web application stack yang banyak digunakan saat ini adalah WampServer. Ketika Anda menginstal WampServer, Apache HTTP Server, PHP, MySQL, MariaDB dan phpMyAdmin sudah otomatis terkonfigurasi.

Website atau aplikasi web seperti toko online atau e-commerce dapat dibuat dari awal bila Anda memang menguasai bahasa pemrograman web seperti PHP, Java, Phyton atau yang lainnya. Namun sekarang ini, banyak yang memanfaatkan cara instan dan lebih mudah dengan menggunakan CMS. Ada banyak pilihan CMS yang bisa digunakan, salah satunya adalah Joomla. CMS Joomla versi terkini membutuhkan syarat sistem tertentu untuk menunjang performanya, salah satunya adalah versi PHP yaitu PHP 7.x.

Artikel menarik lainnya:

Bila Anda menggunakan lingkungan pengembangan web dengan web server lokal WampServer, Anda dapat menggunakan versi PHP 7.x. Hal ini dimungkinkan karena setelah selesai instalasi, WampServer memberikan opsi versi PHP untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan web. Bila Anda memilih CMS Joomla untuk membuat website atau aplikasi web di web server lokal WampServer dan belum mengetahui cara merubah versi PHP yang digunakan, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan terlebih dahulu WanpServer, klik tombol Show hidden icons (1) dan kemudian klik tombol local server atau tombol dengan logo WampServer (2).

Merubah versi PHP di WampServer

Di daftar menu yang muncul, pilih PHP (1) yang tertutup oleh versi PHP, kemudian pilih Version (2) dan selanjutnya pilih versi PHP terkini (3).

Merubah versi PHP di WampServer

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It