Cara mengetahui memeriksa versi Adobe Photoshop
Cara Mengetahui Atau Memeriksa Versi Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi populer yang dikembangkan oleh Adobe Inc. untuk mengedit gambar (image editing). Adobe Photoshop 1.0 pertama kali dirilis pada tahun 1990 dengan didahului versi pra-rilis yaitu versi 0.07 dan versi 0.87. Adobe Photoshop sudah mengalami banyak revisi dan sekarang, sudah sampai pada Adobe Photoshop 2023 (version 24).

Bila menelusuri histori Adobe Photoshop, memang ada kerumitan terkait dengan sistem versi yang digunakan. Adobe telah bertransisi dari sistem versi berurutan dan berbasis angka menjadi sistem versi yang menyertakan huruf dan angka, dimulai dari version 1 sampai version 7, dari CS (version 8) sampai CS6 (version 13), dari CC (version 14) sampai CC 2019 (version 20), dan dari 2020 (version 21) sampai saat ini 2023 (version 24).

Meskipun sistem versinya agak membingungkan, namun untuk mengetahui nomor versi Adobe Photoshop yang digunakan sebenarnya mudah, hanya dengan beberapa langkah saja. Apakah perlu untuk mengetahui nomor versi dari Adobe Photoshop? Bila Anda pengguna aplikasi Adobe Photoshop, ada beberapa alasan Anda perlu untuk mengetahui versinya.

  • Kompatibilitas: Versi Adobe Photoshop yang berbeda dapat memiliki fitur, tool, dan juga format file yang berbeda. Mengetahui versi Adobe Photoshop memastikan kompatibilitas ketika bekerja dengan orang lain. Hasil kerja Anda menggunakan versi Adobe Photoshop terbaru mungkin tidak kompatibel ketika dibuka dengan versi Adobe Photoshop lama.
  • Pembaruan dan perbaikan bug: Adobe Photoshop mendapatkan pembaruan secara rutin untuk memperbaiki bug (error) yang ditemukan, meningkatkan kinerja, dan memperkenalkan fitur baru. Mengetahui versi Adobe Photoshop memungkinkan Anda memeriksa apakah telah menginstal pembaruan terkini untuk perbaikan bug, performa yang lebih baik, dan ketersedian fitur baru.
  • Pembelajaran dan tutorial: Untuk menghindari kebingunan ketika mengikuti tutorial online atau menghadiri lokakarya, Anda hendaknya menggunakan versi Adobe Photoshop yang sama atau versi yang tidak terlalu jauh berbeda. Instruktur sering kali mengacu pada fitur atau prosedur tertentu yang mungkin berbeda antar versi Adobe Photoshop.
  • Pertimbangan Upgrade: Versi terbaru Adobe Photoshop sering dirilis dengan peningkatan fitur yang signifikan. Mengetahui versi Adobe Photoshop saat ini membantu Anda memutuskan apakah peningkatan ke versi terbaru diperlukan atau bermanfaat untuk kebutuhan Anda saat ini.
  • Kompatibiltas plugin: Untuk memperluas fungsionalitasnya, Anda dapat menginstal plugin di Adobe Photoshop, misalnya plugin WebPShop. Namun, beberapa plugin mungkin hanya berfungsi dengan versi Adobe Photoshop tertentu. Mengetahui versi Adobe Photoshop memastikan bahwa Anda menemukan plugin yang kompatibel.
  • Dukungan teknis dan pemecahan masalah: Jika Anda mengalami kendala atau masalah dan memerlukan dukungan teknis, mengetahui versi Adobe Photoshop membantu tim dukungan teksnis memberi bantuan yang akurat disesuaikan dengan versi Adobe Photoshop yang Anda gunakan.

Untuk mengetahui atau memeriksa versi Adobe Photoshop yang Anda gunakan sangat mudah. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop, klik menu Help (1) dan kemudian pilih submenu About Photoshop... (2).

Mengetahui memeriksa versi Adobe Photoshop

Di Jendela berikutnya yang muncul, Anda dapat menemukan nomor versi Adobe Photoshop.

Mengetahui memeriksa versi Adobe Photoshop
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It